Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Jannah

Program Hidup Sehat dengan Uang Seadanya

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 23 Sep 2023, 18:56 WIB

Baru-baru ini Indonesia ada dalam masalah terkait Stunting, dimana angka stunting di Indonesia sendiri mencapai angka 21,6%. Angka yang besar untuk masalah kesehatan yang ada di Indonesia, dimana anak-anak Indonesia adalah harapan untuk menuju masa emas Indonesia di tahun 2045. Masalah stunting tersebut haruslah segera diperbaiki untuk melanjutkan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kehidupan sehat dan sejahtera.

Salah satu yang bisa kita lakukan sebagai calon tenaga kesehatan yaitu membuat program hidup sehat dengan uang seadanya. Melalui program ini nantinya diharapkan dapat mengatasi masalah stunting karena program ini, dengan adanya program ini kita bisa melakukan penyuluhan dan pemberian pengertian kepada masyarakat yang mengalami masalah stunting tersebut. Dari penyuluhan tersebut kita memberikan masukkan kepada masyarakat bahwa kita membawa sebuah program hidup sehat dengan uang seadanya.

Selain itu kita juga perlu memberikan pengertian bahwa hidup sehat itu tidak selalu mahal ada cara untuk tetap hidup sehat dikala uang seadanya untuk makan. Dari program tersebut itu juga kita bisa mengedukasi masyarakat diluar sana juga bahwa ada cara untuk tetap hidup sehat dengan cara seadanya. Cara yang bisa kita lakukan adalah membuat sebuah buku resep untuk masyarakat kebawah terkait masakan apa saja yang biayanya murah dan bahan tersebut sering dijumpai di rumah, seperti

  1. Sayur sop dengan lauk tahu atau tempe.
  2. Sayur bayam dengan lauk dadar jagung atau telur.
  3. Tahu orak arik dengan kol dan sambal.
  4. Sayur asem dengan lauk ikan pindang atau tempe.
  5. Tumis brokoli dengan wortel.

Itu adalah beberapa contoh makanan yang tentunya harganya tidak mahal dan masih ramah di kantong orang-orang. Makanan tersebut memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dan pastinya makanan tersebut biasanya disukai oleh anak-anak. Jika anak-anak tersebut tidak suka kita bisa mengakali makanan tersebut dengan memberikan hiasan, hal ini dikarenakan anak-anak sering kali melihat tampilan makanan tersebut. Jika tampilan makanan tersebut bagus dan menarik maka anak anak tersebut akan memakan makanan tersebut dengan lahap.

Melalui program hidup sehat ini kita tidak hanya membantu orang yang bingung dengan makanan apa saja yang sehat dan bergizi untuk anak anak, akan tetapi kita juga membantu ibu-ibu diluaran sana yang kesulitan untuk memberikan menu yang sehat kepada anak mereka dengan harga yang terjangkau dan bisa dibeli jika mereka nantinya ada kekurangan uang tersebut.

Nurul Jannah Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image