Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Bulan Perlahan Menjauh dari Bumi, Begini Dampaknya

Info Terkini | Monday, 18 Sep 2023, 22:01 WIB
Bulan perlahan menjauh dari Bumu (SSDarindo/Indy100)

Para ilmuwan mengamati, bahwa Bulan sedang menjauh dari Bumi. Hal ini mengubah semua yang kita pikir dan ketahui tentang hubungan planet kita dengan satu-satunya satelit alami.

Pergeseran ini juga berdampak sangat nyata pada panjang hari di planet kita - meskipun dengan kecepatan yang sangat lambat. Dengan bergerak menjauh dari Bumi selama jutaan tahun, Bulan secara bersamaan membuat panjang hari rata-rata menjadi lebih panjang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Wisconsin-Madison sebagaimana dilansir Indy 100 berfokus pada batuan dari formasi yang berusia 90 juta tahun. Dengan demikian, mereka bisa menganalisis interaksi Bumi dengan Bulan 1,4 miliar tahun lalu.

Ternyata, Bulan bergerak menjauhi Bumi dengan kecepatan 3,82 cm per tahun. Artinya, pada akhirnya, hari di Bumi akan berlangsung selama 25 jam dalam waktu 200 juta tahun.

Prof. Stephen Meyers, pakar Geosains di University of Wisconsin-Madison, mengatakan: "Saat bulan menjauh, Bumi seperti pemain skating yang berputar dan melambat saat mereka merentangkan tangan."

Salah satu ambisi kami, tambah Meyers, adalah menggunakan astrokronologi untuk mengetahui waktu di masa lalu yang sangat jauh, untuk mengembangkan skala waktu geologi yang sangat kuno.

"Kami ingin dapat mempelajari batuan yang berusia miliaran tahun dengan cara yang sebanding dengan cara kita mempelajari proses geologi modern."

Itu bukan satu-satunya kisah yang mengubah pemahaman kita tentang Bulan baru-baru ini. Para ilmuwan juga baru saja mengungkap rahasia miliaran tahun yang terkubur di bawah permukaan Bulan. Semua itu berkat program antariksa Cina, yang telah menemukan struktur tersembunyi yang dapat membantu kita untuk mulai menyusun masa lalu Bulan. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image