Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Mau Bikin Facebook Jadi Pribadi? Begini Caranya

Info Terkini | Thursday, 14 Sep 2023, 08:35 WIB
Akun Facebook (SSDarindo)

Tidak semua orang ingin menjadi influencer media sosial, dan kebanyakan orang tidak ingin seluruh dunia melihat semua yang mereka unggah di Facebook. Dengan asumsi tujuan Anda hanya untuk berbagi postingan dengan teman-teman terdekat, Meta memungkinkan kita membuat profil Facebook menjadi privat.

Menjadikan Facebook Pribadi

Menjadikan profil Facebook privat tidak semudah mengklik tombol. Faktanya, platform ini memberi kita beberapa opsi untuk dipilih sehingga kita bisa menyesuaikan apa yang orang lain lihat dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan kita. Meskipun mungkin terlihat sedikit rumit, prosesnya tidak terlalu menantang ketika Anda mempelajari cara mengakses pengaturannya.

Apa yang Dapat Anda Ubah untuk Membuatnya Lebih Pribadi?

Untungnya, Anda tidak perlu menonaktifkan akun Facebook Anda untuk menjadikannya privat. Namun, sebelum masuk ke dalam tutorial kami, mari luangkan waktu untuk mempelajari semua opsi yang tersedia. Inilah yang dapat Anda ubah untuk membuat akun Anda lebih privat:

· Kiriman Mendatang - Anda dapat mengatur pengaturan privasi default pada semua kiriman menjadi Pribadi.

· Batasi Pemirsa untuk Postingan Sebelumnya - Jika Anda ingin membuat postingan sebelumnya menjadi privat, Anda dapat melakukannya di Pengaturan.

· Siapa yang dapat melihat Orang, Halaman, dan Daftar yang Anda ikuti - Anda dapat mencegah orang lain melihat siapa yang Anda ikuti.

· Daftar Teman Anda - Anda dapat menyembunyikan daftar teman Anda dari semua Pengguna Facebook lainnya.

· Menjadikan Informasi Kontak Pribadi - Anda dapat menyembunyikan nomor telepon, email, dan bahkan lokasi Anda dari pengguna lain.

Alat Pemeriksaan Privasi Facebook

Fitur bagus lainnya yang dapat kita gunakan di Facebook adalah Pemeriksaan Privasi. Alat cepat ini memungkinkan pengguna memeriksa semua pengaturan privasi dengan cepat.

Opsi tersebut dikategorikan ke dalam 5 bagian. Apa sajakah?

· Siapa saja yang dapat melihat apa yang Anda bagikan? - Pilih ini untuk menjadikan postingan Anda pribadi.

· Bagaimana orang dapat menemukan Anda di Facebook? - Pilih opsi ini untuk merahasiakan informasi kontak dan lokasi Anda.

· Cara menjaga keamanan akun Anda. - Ini memungkinkan Anda mengubah kata sandi dan fitur keamanan lainnya.

· Pengaturan data Anda di Facebook. - Pilih ini untuk melihat aplikasi dan situs web mana saja yang dapat mengakses akun Facebook Anda.

· Preferensi iklan. - Pilih opsi ini untuk mengubah preferensi iklan Anda.

Cara Menjadikan Facebook Pribadi dengan Alat Pemeriksaan Privasi

Cara tercepat dan termudah untuk menjadikan Facebook Anda privat adalah dengan menggunakan alat Pemeriksaan Privasi. Alat yang sangat membantu ini akan memandu Anda melalui semua hal yang dapat Anda ubah untuk membuat akun Anda lebih aman dan privat.

Dikutip dari History Computer, inilah yang harus dilakukan:

Langkah 1: Klik Ikon Profil Anda

Klik ikon Profil di sudut kanan atas Facebook.

Catatan: Ini adalah ikon menu tiga baris di sudut kanan atas aplikasi seluler Android, ikon profil di sudut kanan bawah aplikasi seluler iOS.

Langkah 2: Klik Pengaturan dan Privasi

Anda akan melihat menu baru, apa pun perangkat yang Anda gunakan. Klik opsi Pengaturan dan Privasi di menu tersebut.

Langkah 3: Klik Pemeriksaan Privasi

Anda mungkin perlu menggulir ke bawah sedikit, tetapi Anda akan melihat opsi Pemeriksaan Privasi. Klik opsi tersebut.

Langkah 4: Pilih Opsi

Pilih opsi yang sesuai dengan tujuan privasi Facebook Anda.

Langkah 5: Klik Lanjutkan

Jendela pop-up akan muncul dengan daftar fitur yang dapat Anda ubah. Klik Lanjutkan saat Anda siap untuk melanjutkan.

Langkah 6: Lakukan Perubahan

Terakhir, gulir daftar dan klik tombol Edit untuk membuat akun Facebook Anda menjadi pribadi.

Opsi untuk Menjadikan Facebook Sepenuhnya Pribadi

Sebagian dari kita senang menjadi pertapa media sosial. Artinya, kita tidak menerima permintaan pertemanan secara acak, tidak ingin orang-orang menemukan kita dengan mudah, dan tentu saja tidak ingin mengurangi jejak digital kita.

Apa yang perlu dilakukan jika itu kemauan Anda dalam ber-fecebook? Berikut perubahan yang harus Anda terapkan untuk menjadikan Facebook Anda sepenuhnya pribadi.

Postingan Anda

Tentu saja, Anda ingin memastikan postingan Anda bersifat pribadi. Baik Anda memposting foto anak-anak Anda atau tidak ingin orang jahat mengintip akun Anda, Anda bisa menyembunyikan semua postingan di masa lalu dan yang akan datang dari publik.

Ikuti langkah-langkah yang telah dipaparkan untuk mengakses alat Pemeriksaan Privasi dan klik kotak Siapa yang dapat melihat apa yang Anda bagikan? Klik Lanjutkan untuk melanjutkan. Periksa informasi kontak Anda, dan klik Berikutnya. Halaman ini memungkinkan Anda untuk mengubah privasi postingan Anda di masa lalu dan yang akan datang.

Teman Anda

Cara mudah bagi penipu untuk memanfaatkan Anda adalah dengan berpura-pura menjadi teman. Hal yang harus mereka lakukan adalah melihat daftar teman Anda di Facebook, memilih akun, mencuri foto profil, dan mengirimi Anda permintaan.

Jika Anda tidak ingin orang lain di Facebook melihat dengan siapa Anda berteman, Anda bisa menyembunyikan daftar tersebut dari semua orang. Pilih opsi Siapa yang dapat melihat apa yang Anda bagikan? di alat pemeriksaan Privasi dan klik Lanjutkan. Kemudian, gulir ke bawah ke bagian Teman Anda. Ubah opsi di sebelah kanan menjadi Hanya Saya.

Permintaan Pertemanan Anda

Untungnya, Anda bisa melindungi akun Facebook Anda lebih jauh dengan membatasi siapa yang bisa mengirimi Anda permintaan pertemanan. Ikuti langkah-langkah di atas dan klik opsi Bagaimana Orang Lain Dapat Menemukan Anda di alat Pemeriksaan Privasi. Kemudian, ubah Semua Orang menjadi Teman dari Teman.

Sekarang, hanya orang yang memiliki teman Facebook yang sama yang dapat mengirimi Anda permintaan pertemanan. Jika Anda menerima, pengguna lain dapat melihat profil, kiriman, dan cerita Anda serta mengirimi Anda pesan Facebook.

Informasi Kontak dan Lokasi Anda

Terakhir, jika Anda ingin akun Facebook Anda menjadi pribadi, Anda harus menyembunyikan informasi kontak Anda. Facebook memiliki kota asal, nomor telepon, dan email Anda. Jika Anda tidak mengaturnya menjadi privat, semua orang dapat melihatnya.

Buka alat Pemeriksaan Privasi dan pilih Siapa yang dapat melihat apa yang Anda bagikan? Klik Lanjutkan dan ubah semua informasi kontak Anda menjadi Hanya Saya.

Cara Memeriksa Tampilan Publik Facebook Anda

Anda dapat memeriksa tampilan Publik Facebook Anda jika Anda ingin melihat apa yang dapat dilihat oleh pengguna Facebook lainnya. Fitur ini akan menunjukkan tampilan profil Anda kepada siapa pun yang bukan teman Anda. Berikut cara untuk melihatnya:

a. Ketuk Ikon Profil Anda

Luncurkan Facebook dan ketuk ikon profil Anda di kotak Apa yang ada di pikiran Anda?

b. Ketuk Menu Tiga Titik

Sentuh ikon menu tiga titik di sebelah kanan Edit Profil.

c. Ketuk Lihat Sebagai

Facebook Anda akan muncul dan menunjukkan apa yang dapat dilihat oleh orang lain. Jika Anda merasa terekspos, ikuti langkah-langkah di atas untuk membatasi semua posting Anda sebelumnya dan menyembunyikan informasi kontak Anda.

Facebook Anda Sekarang Bersifat Pribadi

Media sosial telah mengubah lanskap privasi di seluruh dunia. Apa pun yang Anda taruh di internet akan bertahan selamanya. Facebook, khususnya, memiliki banyak informasi tentang Anda dan kehidupan Anda. Menjadikan Facebook Anda privat adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image