Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Cara Menggunakan Fitur Check In dengan Teman dan Keluarga di iPhone

Teknologi | Monday, 11 Sep 2023, 10:50 WIB
iPhone (SSDarindo/Jeshoots)

Check In adalah fitur yang diperkenalkan Apple bersama iOS 17 yang memungkinkan Anda memberi tahu teman dan keluarga secara otomatis saat Anda tiba di tempat tujuan. Fitur ini sangat berguna ketika Anda tidak ingin terus-menerus membagikan lokasi atau setiap gerakan Anda, tetapi tetap ingin memberi tahu seseorang tentang keselamatan Anda saat bepergian.

Bahkan untuk hal-hal sederhana yang sering kita alami, seperti lupa memberi tahu seseorang saat Anda tiba di rumah, fitur Check In sangat berguna. iOS 17 saat ini masih dalam versi beta. Artinya Cuma bisa menggunakan fitur Check In sekarang jika Anda menginstal iOS 17 beta di iPhone Anda.

Cara Mengatur Check In pada iPhone

Check In adalah salah satu dari sekian banyak fitur Pesan yang terselip di iOS 17. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya berfungsi melalui iMessage dan jika kedua pengguna memiliki perangkat yang menjalankan iOS 17 atau yang lebih baru.

Fitur ini juga hanya bekerja dengan satu orang pada satu waktu. Fitur ini akan memberi tahu mereka ketika Anda pertama kali memulainya dan kemudian lagi ketika Anda menyelesaikan Check In atau jika muncul masalah.

Bagaimana caranya? Mengutip dari laman MUO, begini cara mengatur Check In pada iPhone.

a. Mulailah dengan membuka percakapan dengan seseorang yang ingin Anda ajak Check In.

b. Ketuk ikon Plus di samping bidang pesan, ketuk Lainnya,

c. Temukan Check In di samping aplikasi iMessage Anda yang lain.

d. Apple akan memandu Anda melalui fitur ini jika Anda baru pertama kali meluncurkannya.

Berbagi Data Saat Check In: Data Terbatas dan Penuh

Anda memiliki kontrol penuh atas berapa banyak data yang dibagikan Apple kepada penerima Check In jika terjadi kesalahan. Apple mengelompokkan opsi privasi menjadi dua: Terbatas dan Penuh.

Ini adalah pengaturan yang berlaku secara universal untuk kontak Anda, namun Anda dapat mengubahnya kapan saja di Pengaturan > Pesan > Data Check In.

Dengan berbagi data terbatas, kontak Anda hanya akan menerima lokasi terbaru, persentase baterai, dan kekuatan sinyal. Jika Anda memiliki Apple Watch, ia juga akan mengirimkan data ini. Namun, dengan berbagi data Penuh, kontak Anda mendapatkan semua yang telah disebutkan, ditambah rute lengkap yang Anda tempuh yang ditampilkan di peta, waktu terakhir kali Anda membuka kunci iPhone atau melepas Apple Watch.

Sekali lagi, terlepas dari apakah Anda memilih Terbatas atau Lengkap, kontak Check In Anda hanya mendapatkan informasi ini jika Anda tidak merespons notifikasi mengenai keberadaan Anda.

Membuat Pengatur Waktu Check In Pertama Anda

Setelah Anda memulai Check In, Anda dapat memilih Ketika saya tiba atau Setelah timer untuk notifikasi. Untuk Check In berbasis lokasi, pilih lokasi Anda dengan mencarinya di peta.

Ketika Anda memilih lokasi, iPhone Anda akan menampilkan ETA (perkiraan waktu kedatangan) untuk Mengemudi, Transit, dan Berjalan Kaki. Pilih metode transportasi yang akan Anda gunakan, dan secara opsional tambahkan waktu tambahan pada ETA dengan mengetuk Tambah Waktu hingga satu jam tambahan.

Untuk Check In berbasis waktu, Anda dapat mengatur pengatur waktu mulai dari 5 menit hingga 23 jam 55 menit.

Menyelesaikan Check In

Setelah penyiapan selesai, ketuk Selesai. Lalu, kirim Check In melalui iMessage ke penerima.

Ucapkan Selamat Tinggal. Jika Anda menggunakan Check In berbasis lokasi, penerima Anda akan mendapatkan notifikasi secara otomatis saat Anda tiba. Untuk Check In berbasis waktu, Anda memiliki waktu 15 menit untuk merespons Check In setelah pengatur waktu selesai.

Jika tidak merespons tepat waktu atau keluar dari jalur terlalu lama, saat diharapkan di lokasi yang Anda pilih, orang tersebut akan menerima peringatan. Sebelum hal ini terjadi, Anda akan memiliki kesempatan melalui notifikasi untuk menambahkan waktu Check In jika Anda mengalami keterlambatan.

Check In Memberitahukan Orang Terkasih Tanpa Mengorbankan Privasi

Fitur Check In Apple sangat mengesankan karena fitur ini memberikan yang terbaik dari iPhone. Fitur ini memungkinkan Anda tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi dan memberi tahu mereka tentang informasi yang berguna tentang Anda saat mereka membutuhkannya tanpa mengorbankan privasi Anda saat tidak diperlukan.

Opsi pengaturan Check In mungkin terasa membingungkan pada awalnya, tetapi akan menjadi hal yang biasa seiring berjalannya waktu. Jangan lupa bahwa Anda dapat mengubah pengaturan privasinya kapan pun Anda mau. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image