Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fatkur Huda

Dosen UMSurabaya Ciptakan Inovasi Good Nadzir Education (GNE Apps) Solusi Cerdas Belajar Wakaf

Agama | Friday, 08 Sep 2023, 21:17 WIB

Pengelolaan wakaf masih menjadi tantangan bagi para pengelola wakaf, hal ini juga dialami oleh Pengelola Wakaf di Muhammadiyah Surabaya. Berada di wilayah perkotaan dan padat penduduk sehingga keberadaan lahan wakaf terkadang sulit untuk dimanfaatkan dengan baik. Membutuhkan kajian yang lebih dalam menentukan pengelolaan dan pendayagunaan harta wakaf.

Gambar GNE Apps

Kondisi tersebut tentu perlu adanya peran nadzir dalam melakukan pendayagunaan wakaf sehingga menjadi wakaf yang produktif dan progresif. Persoalannya adalah nadzir seringkali tidak sampai pada upaya pendayagunaan harta wakaf menjadi suatu sektor yang produktif, hal tersebut karena nadzir tidak memahami perannya.

Nadzir seringkali sebatas penerima wakaf saja padahal dibutuhkan peran nadzir sampai proses pendayagunaan harta wakaf. Persoalannya tentu masih banyak nadzir yang belum mengusai dalam pengelolaan harta wakaf itu sendiri untuk menjadi amal usaha yang produktif.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelolaan wakaf di kota Surabaya khususnya bagi mitra yang menjadi sasaran dalam Program hibah Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemendikbud Ristek 2023 ini yakni Majelis Pendayagunaan Wakaf Muhammadiyah Surabaya.

Program yang di ketuai oleh Dian Berkah ini memberikan solusi literasi pendayagunaan harta wakaf bagi pengelola wakaf (nadzir), yang selama ini hanya menjalankan peran sebagai penerima wakaf, sedangkan proses pendayagunaanya diserahkan kepada lembaga yang ada di Muhammadiyah.

Solusi literasi yang diberikan melalui Aplikasi GNE Apps yang dibuat berangkat dari persoalan mitra tentang keterbatasan dalam memberikan solusi pendayagunaan harta wakaf yang selama ini hanya dialokasikan sebagai amal usaha non produktif seperti lembaga pendidikan, masjid dan panti asuhan.

Hadirnya aplikasi ini tentu diharapkan mampu menjadi jawaban bagi para pengelola wakaf dalam mendayagunakan harta wakaf menjadi amal usaha produktif dalam bentuk investasi syariah yang produktif dan progresif.

Aplikasi GNE Apps yang berisikan 4 domain yakni pertama, e-modul good nadzir yang berisi konten edukasi profiling Good Nadzhir dan pengetahuan umum untuk upgrade pemahaman seorang nadzir. Kedua, finansial yang berisi edukasi dan simulasi akuntasi keuangan syaraiah untuk wakaf.

Ketiga, ruang tutorial yang berisi tentang simulasi dari best practice pengelolaan wakaf produktif yang berhasil. Keempat ruang kelayakan wakaf berisikan konten Analisa kelayakan pemanfaatan harta wakaf. Aplikasi ini kini dapat diakses melalui google play store untuk android dengan link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=me.lordfarhan.goodnazhireducation&pli=1

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image