Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sari tika

Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja! Tenang Nggak Sesulit Itu Kok!

Gaya Hidup | Tuesday, 05 Sep 2023, 16:39 WIB
Sumber gambar: Freepik

Memberikan ASI eksklusif wajib dilakukan oleh ibu minimal 6 bulan setelah melahirkan lalu dilanjutkan hingga 2 tahun dengan MPASI. Namun, terkadang banyak tantangan yang dialami ibu khususnya ibu yang bekerja.

Permasalahan yang dialami adalah jam kerja yang tidak fleksibel, harus ada di kantor, hingga membagi waktu antara bekerja dan mengasuh anak. Tetapi, jangan khawatir Moms! Banyak solusi yang bisa Moms gunakan.

Berikut tips yang bisa Moms terapkan saat mengASIhi baby. Simak hingga selesai ya!

1. Rutin memerah ASI (ASIP) di rumah dan di kantor

Tips menyusui yang pertama bagi ibu bekerja adalah menerapkan jadwal rutin saat memerah ASI atau sering dikenal dengan istilah Air Susu Ibu Perah (ASIP).

Hal ini wajib dilakukan karena akan memudahkan ibu saat tidak berada di rumah. Moms bisa memakai cara manual atau menggunakan pumping electric.

2. Pahami cara menyimpan ASIP yang benar

Tips yang kedua adalah Moms perlu memahami bagaimana cara penyimpanan ASI yang tepat. Menurut IDAI berikut jam penyimpanan ASIP yang Moms harus ketahui.

· ASI perah tahan hingga 24 jam saat disimpan dalam boks pendingin yang ditambahkan dengan kantung es (ice pack).

· ASI perah tahan sampai 5 hari, ketika ditaruh pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4°C.

· ASI perah tahan hingga 6 bulan pada freezer dengan suhu 18°C dibawah titik beku 0°C (-18°C).

3. Koordniasikan dengan pengasuh baby

Jika Moms memiliki pengasuh bayi, jangan lupa untuk sering menyampaikan pemahaman tentang penyimpanan ASIP dan bagimana cara memberikan ASIP ke baby.

4. Tetap mengASIhi di rumah

Walaupun baby sudah dapat mengonsumsi ASI melalui dot namun Moms jangan lupa untuk tetap menyusui baby secara langsung.

Hal ini dapat menambah kerekatan antara ibu dan bayi. Baby akan merasa lebih dekat dengan ibu dan lebih merasa nyaman. Sementara ibu juga dapat lebih rileks saat berada di dekat baby saat mengASIhi.

5. Jaga asupan gizi makanan

Menjaga asupan gizi adalah hal yang penting, makanan yang dikonsumsi ibu nantinya akan diserap oleh si kecil. Oleh karena itu, Moms harus menjaga konsumsi makanan.

Moms perlu meningkatakan konsumsi vitamin B6, mineral, dan serat untuk membantu proses tumbuh kembang bayi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Hindari tegang dan stress

Stress merupakan pemicu utama dari ASI seret! Moms perlu menjaga pikiran agar terhindar dari stress. Jika sudah mulai mengalami rasa tidak nyaman Moms dapat memberikan afeksi positif seperti terapi aroma dengan aromatic kayu putih Habbie.

Moms juga bisa berolahraga ringan seperti meditasi, yoga, pilates, atau berjalan kaki di taman untuk meningkatkan mood.

Jadi bagaimana Moms? Sudah siap mengASIhi baby sepenuh hati? Yuk terus memberikan yang terbaik untuk bayi dengan mengASIhi dan memberikan kehangatan serta keharuman telon dan kayu putih Habbie untuk si kecil.

Jika Moms ingin membaca lebih lanjut tentang tips parenting dan bacaan tentang family life terus pantau akun ini ya! Selamat mengASIhi baby Moms!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image