Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wita Oktaviana

Pengabdian Dosen UMS: Menuju Lansia Bebas Kolesterol!

Gaya Hidup | Tuesday, 05 Sep 2023, 12:05 WIB

Kolesterol merupakan salah satu lipoprotein yang dapat beredar dalam darah, lipid ini dapat diproduksi oleh hati dan diperlukan oleh tubuh. penyeimbangan produksi kolesterol dalam tubuh terbuat dari asupan kolesterol pada makanan, jika makanan yang dikonsumsi mengandung kolesterol yang berlebih maka tubuh meminimalisir produksi kolesterol. Kondisi ini dapat menimbulkan kasus kesehatan yang fatal apabila tidak diatasi.

Pola makan merupakan salah satu faktor yang dianggap sebagai penyebab utama hiperkolesterolemia. Pola makan ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dari individu mengenai diit yang tepat bagi penyakitnya. Kondisi seperti ini dapat dihindari dengan melalui berbagai cara, salah satunya dengan membenahi pola hidup dengan menjalankan aktivitas fisik. Terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh lansia untuk meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kesehatan jasmani yaitu dengan cara olahraga.

Mayoritas penderita kolesterol adalah lansia, rata-rata lansia memiliki fungsi fisik semakin menurun, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan. Kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh lansia diantaranya berjualan dan mengurus urusan rumah tangga. Kebiasaan yang dilakukan lansia di dalam rumah antara lain mencuci, menyapu, mengurus cucu, memasak, sehingga kurang dalam melakukan aktifitas fisik yang produktif seperti senam.

Di Dukuh Karangijo, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, terdapat 33 lansia yang memiliki kadar kolesterol diatas normal. Sesuai dengan teori, tingginya kadar kolesterol yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kardiovaskuler seseorang.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan kesehatan lansia khususnya di Dukuh Karangijo Desa Blimbing, pada Juli-Agustus 2023, telah diselenggarakan suatu program dalam upaya mengurangi peningkatan penyakit kolesterol. Pilot Project tersebut difokuskan pada pendekatan Integrated Program melalui pemberdayaan dan peran serta aktif masyarakat. Program tersebut meliputi Pembuatan Minyak Kelapa Sawit Bebas Kolesterol dan Senam Aerobic low Impact.

Pengabdian Dosen UMS: Rangakian Kegiatan Bersama Lansia Dukuh Karangijo, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo

Beberapa tahapan yang digunakan untuk mengaplikasikan solusi ini adalah dengan melibatkan kelompok antarsasaran, yaitu training of trainer (ToT) untuk para kader. Kemudian dilibatkan sebagai pelatih untuk keberlanjutan program. Kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya tersebut, meliputi penyuluhan Kesehatan mengenai kolesterol, pelatihan pembuatan minyak rendah kolesterol dan juga kegiatan fisik yaitu senam aerobic low impact. Kegiatan tersebut dilakukan di posyandu Karangijo desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo. Antusiasme para lansia sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain kegiatan diatas, pengecekan Kesehatan meliputi cek tekanan darah, kadar GDS, Asam Urat dan juga pemeriksaan kolesterol juga dilakukan di posyandu tersebut.

Tujuan akhir yang dapat dicapai adalah, adanya peningkatan pengetahuan lansia mengenai bahaya kolesterol, cara pembuatan minyak rendah kolesterol dan manfaat dari salah satu aktivitas ringan yaitu senam aerobic low impact dalam penurunan kadar kolesterol pada seseorang. Terdapat penurunan kadar kolesterol yang sangat signifikan pada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Jika lansia memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup, maka diharapkan mempunyai kemampuan yang baik dalam menjaga kesehatan serta mampu mengambil keputusan dengan baik untuk kesehatan lansia. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan individu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image