Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ilham Alfiyanur

Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Communication UMKM

UMKM | Saturday, 02 Sep 2023, 23:36 WIB
Sumber foto: dokumen pribadi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar.

Hadir mewakili kelompok 30, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta di Kubuka Kopi & Dapur, Ruko Horizon Broadway The Icon Cisauk BSD, Tangerang yang dilaksaakan pada tanggal 30 Agustus 2023. Istisari Bulan Lageni, S.Sos, M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing mengisi materi mengenai “Strategi Marketing Communication Melalui Media Sosial”. Tak hanya itu, Syahlun salah satu mahasiswa KKN juga memberikan paparan, mengenai “Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan”, dibantu dengan Alzi dan Ilham yang juga merupakan kelompok tersebut.

Program Kerja yang dibawakan oleh kelompok KKN UMJ 30 diantaranya merujuk pada perkembangan teknologi dari masa ke masa, teknologi terus berkembang ke arah yang lebih canggih salah satunya seperti media sosial, dalam penggunaan media sosial sangatlah membantu dan mempermudah sebagai suatu media komunikasi. Maka dari itu dengan adanya media sosial sangatlah mempermudah untuk kita dapat mempromosikan produk yang kita punya dengan harapan produk tersebut dapat terjual lebih bayak dan juga dapat dikenal banyak orang.

Sehubungan dengan hal itu, tema yang diambil yakni mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana marketing communication UMKM di Kubuka Kopi & Dapur, Ruko Horizon Broadway The Icon Cisauk BSD, Tangerang. Salah satu upaya untuk mewujudkan program kerja mencari ide usaha untuk kegiatan produksi rumahan. Penyuluhan tersebut terutama untuk ibu-ibu yang memiliki usaha rumahan untuk menggunakan serta memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya agar mereka yang memiliki usaha dapat memahami bagaimana cara mengelola usaha mereka secara baik dan benar di media sosial.

Salah satu cara bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya yaitu dengan mengikuti pembinaan UMKM yang memiliki manfaat seperti memberi pemahaman lebih terkait UMKM, meningkatkan pengetahuan tentang teknologi baru, dan juga meningkatkan kreatifitas. Dengan mengikuti pembinaan ini, kami berharap bagi masyarakat yang sudah mempunyai usaha agar dapat mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik dan bagi masyarakat yang belum mempunyai usaha agar dapat mempunyai ide-ide usaha baru yang dapat membuka lapangan kerja baru bagi banyak orang karena pada adasarnya UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image