Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anton Firmansyah

Perkembangan terbaru, Kremlin membantah klaim keterlibatan Rusia dalam kematian Yefgheny Prighozin

Info Terkini | Sunday, 27 Aug 2023, 20:37 WIB

Di tengah opini kuat Barat akan keterlibatan Rusia dalam kematian Yefgheny Prighozin pada kecelakaan pesawat rabu (23/8), kremlin dalam posisi Bertahan menghadapi media dan komentar para pejabat AS dan barat.

Bahkan presiden Amerika Joe baiden mengatakan "Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin" Tapi saya tidak cukup tahu untuk mengetahui jawabannya.” Bbc News kamis (24/8)

Klaim Rusia berada di balik kematian pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin

Pihak Rusia melalui juru bicaranya Dmitry Peskov mengatakan di Moscow bahwa investigasi akan terus berlanjut dan akan diungkapkan hasilnya, seperti diberitakan AA Newa Broadcasting Jumat (25/8).

Petkov menegaskan klaim bahwa Rusia berada di balik kematian pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin jelas adalah “kebohongan absolut”

walaupun mesti banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat dan kematian tragis para penumpang pesawat itu termasuk kematian Yevgeny Prigozhin.didalamnya

Petkov juga mengungkapkan pandangannya terhadap spekulasi barat yang tentu saja bisa melihat dari sudut pandang tertentu untuk menguntungkan mereka dan ini semuanya "benar-benar bohong" katanya.

Ia pun meyakinkan bahwa penyelidikan akan terus berlanjut dan hasilnya akan diungkapkan jika sudah tersedia

Pihak Rusia melalui juru bicaranya Dmitry Peskov mengatakan di Moscow bahwa investigasi akan terus berlanjut dan akan diungkapkan hasilnya,

Banyak hal positif ditunjukkan Putin dalam mendukung upaya menepis dugaan keterlibatannya pada insiden itu.Ia mengatakan pada Jumat bahwa semua yang diperlukan akan dipersiapkan untuk Investigasi, termasuk nanti akan dilakukan pemeriksaan genetik.

Putin secara terbuka menambahkan belum ada hasil resmi hasil investigasi, begitu siap baru akan diterbitkan. Putin juga memastikan bos Wagner Yevgeny Prigozhin berada di dalam jet pribadi yang jatuh di Tver barat laut Rusia Rabu yang menewaskan 10 orang kru dan penumpang

Putin mengenang secara pribadi sosok Prigozhin bukan orang yang baru dikenal dalam hidupnya, Prigozhin adalah sosok yang "berbakat" namun dengan "nasib yang sulit" dimasa lalu Pigozhin adalah teman dekat Putin.

Putin mengungkapkan bahwa Group Wagner pimpinan Prigozhin walalupun tidak ada pengakuan secara de jure namun telah memberikan kontribusi besar terhadap jalannya pembangunan. operasi militer khususmya,” untuk itu ia mengatakan Moskow akan menyelidiki secara menyeluruh penyebab insiden tersebut.

Presiden Vladimir Putin di tengah konsentrasi penuhnya pada perang Ukraina telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban pada Kamis.

Jika melihat dari fakta fakta itu, apakah benar Putin adalah orang dibelakang insiden terbunuhnya Prigozgin? jika juga dalam fakta perkembangannya Putin serius ingin mengungkap kejadian yang sesungguhnya? Logikanya apakah mungkin seorang yang sedang beralibi membuka dirinya secara terbuka?

Presiden Belarusia pun berpendapat Putin tidak mungkin terlibat dan menjadi orang di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan pimpinan Wagner pada sabtu (26'8) karena kematian pimpinan Wagner itu pasti akan menguntungkan Barat. Disisi lain menimbulkan ancaman dan kerugian besar bagi Rusia. Wallahu a'lam bissawaab...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image