Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wita Oktaviana

Inspiratif ! Dosen UMS Melakukan Pemberdayaan Kader Aisyiyah dalam Upaya Pencegahan Penyakit Stroke

Gaya Hidup | Thursday, 24 Aug 2023, 12:16 WIB

Dalam rangka melaksanakan pengabdian masyarakat, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalankan program Pemberdayaan Kader Aisyiyah dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Stroke di Lingkungan Warga Muhammadiyah dan Aisyiyah Gemolong. Program pengabdian dilakukan di Kecamatan Kragilan Gemolong

“Program pengabdian ini dilatarbelakangi data yang didapatkan dari Puskesmas Gemolong, didapatkan bahwa penderita stroke daerah gemolong tertinggi di daerah Kecamatan Kragilan Gemolong, sebanyak 6 orang menderita stroke dan hipertensi sebanyak 40. Oleh karena itu, perlu dilakukannya edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan stroke.” jelas Dian Hudiyawati, ketua program pengabdian, pada (08/07/2023). Dian menambahkan bahwa latar belakang lain dari pengabdian ini adalah Warga Aisyiyah memiliki peluang utuk ikut berperan serta aktif dalam upaya promosi dan pencegahan stroke pada masyarakat aisyiyah khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Pelaksanaan kegiatan ini berupa pelatihan yang meliputi sosialisasi program, pemberian edukasi tentang pencegahan stroke, simulasi pemberian edukasi oleh kader Aisyiyah dan penugasan di lapangan dengan pendampingan”.

Program ini dilaksanakan oleh Dian Hudiyawati dari Program Studi Keperawatan, FIK UMS, yang menjadi dosen ketua. Anggota program pengabdian adalah Abi Muhlisin dari Program Studi Keperawatan, FIK UMS, Wachidah Yuniartika dari Program Studi Keperawatan, FIK UMS, Wita Oktaviana dari Program Studi Keperawatan, FIK UMS, dan dr.Tri Agustina.,M.Gizi dari Program Studi Kedokteran UMS.

Program pengabdian ini sepenuhnya mendapatkan dukungan dari UMS melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP). “Melalui program pengabdian ini, UMS memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sesuai dengan disiplin keilmuan dosen yang mengadakan pengabdian,” jelas Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D, ketua LPMPP UMS.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image