Cara Mengatasi Narkoba di Lingkungan Masyarakat

Image
Ashefa Griya Pusaka
Info Terkini | Wednesday, 29 Dec 2021, 11:59 WIB

Bagaimana membantu teman atau anggota keluarga yang menderita kecanduan narkoba? Bagaimana cara mengatasi narkoba di lingkungan masyarakat? Tidak mudah untuk membantu seseorang dengan narkoba. Seringkali, teman dekat dan keluarga menutup mata terhadap situasi seperti itu, berharap orang tersebut akan pulih dengan sendirinya.

Baca juga apa itu bipolar

Kenali juga efek ganja pada tubuh

Ketahui juga dampak narkoba dilingkungan masyarakat

Tetapi kecanduan narkoba tidak akan hilang dengan sendirinya, dan penolakan akan mencegah orang yang bersangkutan membuat penilaian yang benar tentang masalah dan konsekuensinya. Orang yang mengkonsumsi narkoba tidak bisa mengambil keputusan objektif sehingga keterlibatan keluarga, teman, dan masyarakat akan dapat mengubah situasi menjadi lebih baik. Diperlukan pendekatan yang fleksibel dan hati-hati, bukan pendekatan yang keras karena hanya akan membuat pecandu narkoba makin terpuruk.

Ketika menemui orang terdekat atau anggota masyarakat yang terjerumus menggunakan narkoba, mulailah mengajaknya berdiskusi dengan mengungkapkan perhatian dan komitmen kita untuk membantu orang tersebut membuat perubahan positif. Kita dapat mengatakan bahwa ingin mendukungnya, tanpa menghakimi karena mereka kecanduan barang haram.

Tunjukkan kepada mereka bukti nyata penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan jelaskan perilaku mereka secara spesifik. Hindari penilaian moral dan mengungkapkan pendapat. Jelaskan kepada mereka bahwa kecanduan narkoba adalah kelainan, bukan kelemahan moral atau kurangnya kemauan. Karena itu adalah suatu kondisi, maka ada pengobatan yang bisa menyembuhkan kelainan tersebut.

Beri tahu bahwa mereka adalah orang yang berharga, menderita gangguan yang sangat merusak, yang mengarah pada penurunan kemampuan yang berpotensi fatal. Bantu mereka mengenali bahwa berpantang adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi kecanduan narkoba. Mereka membutuhkan bantuan untuk berpantang, jadi pastikan kita mendukung mereka. Harus dipahami bahwa kita tidak memaksa pecandu itu untuk menerima bantuan, tetapi memberi mereka kesempatan untuk membuat pilihan yang benar untuk kesembuhan mereka.

Cara mengatasi narkoba di lingkungan masyarakat tentu bukan langkah instan. Ini adalah gerakan bersama seluruh anggota masyarakat yang berlangsung terus menerus. Sejumlah kiat cara menghindari narkoba maupun penyalahgunaan diantaranya adalah sebagai berikut :

- Miliki metode Sehat Menyembuhkan Stres. Tak terhitung orang yang mengkonsumsi narkoba sebagai pilihan untuk menghilangkan stres ataupun ketegangan. Faktanya, narkoba cuma jalan keluar temporer. Saat pecandu tak lagi mengkonsumsi narkoba maka mereka akan menderita efek samping ke tubuh ataupun mental yang cuma memperburuk rasa cemas dan meningkatkan stres. Memilih cara penyembuhan stres lain diantaranya olahraga atau meditasi bisa membuang nafsu untuk mencoba memakai obat-obatan terlarang.

- Mengikuti Terapi. Saat ini, makin tidak sedikit orang yang menderita rasa depresi. Mereka merasakan pasang surut emosi dalam kehidupan yang sulit untuk disembuhkan. Pecandu narkoba acapkali merupakan individu yang berusaha menyembuhkan diri sendiri dari masalah psikologis yang dialaminya. Yang menjadi masalah yaitu, ternyata narkoba itu tak akan pernah menyelesaikan gangguan psikologis ini. Obat-obatan terlarang cuma menangani keluhan. Menyembuhkan masalah mental dengan berkonsultasi ke psikiater merupakan langkah lebih efektif dan permanen hasilnya.

- Miliki Gaya Hidup yang Menciptakan Kebahagiaan. Harga diri yang turun ataupun depresi merupakan penyebab utama penyalahgunaan narkotika. Cukup mudah untuk mengabaikan satu aspek kehidupan misalnya pekerjaan sebagai tekanan pikiran dan tubuh, hingga mereka tak lagi menikmati atau ikut serta dalam sisi penting lainnya dalam kehidupan. Memastikan hubungan serta keseimbangan yang sehat dari kegiatan fisik dan psikis bisa membantu mempertahankan stabilitas yang dibutuhkan supaya selalu bebas dan terbebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Butuh bantuan terkait penyalahgunaan NAPZA Segera konsultasikan ke nomor hot line Ashefa Griya Pusaka 081388884646

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image