Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

ASN KESDM Pelajari Pengantar Metodologi Formula Harga Minyak Mentah di PPSDM Migas

Eduaksi | Wednesday, 12 Jul 2023, 09:08 WIB

Harga crude oil atau minyak mentah merupakan salah satu faktor penting dalam perekonomian Indonesia mengingat Indonesia merupakan penghasil minyak dan gas bumi. Fluktuasi harga minyak mentah crude oil memiliki dampak signifikan pada ekonomi negara ini. Oleh karena itu, perlu adanya suatu metodologi yang dapat digunakan untuk menentukan harga minyak mentah Indonesia secara objektif dan transparan.

Untuk mengetahui tentang pengetahuan tersebut, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Pengantar Metodologi Formula Harga Minyak Mentah Indonesia untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).

Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari dan berlangsung secara online melalui zoom meeting pada 11 – 13 Juli 2023.

C.B. Jurit, salah satu pengajar pelatihan ini menjelaskan mengenai materi Metodologi Formula Harga Minyak Mentah Indonesia serta Fundamental dan Non-Fundamental Harga Minyak Mentah Internasional.

“Pada metodologi formulasi ICP (Indonesian Crude Price) ditentukan bahwa Formula adalah hasil dari Harga MM Acuan ditambah dengan Alpha/Constanta. Hal tersebut dikarenakan pada pembentukan Alpha/Constanta mempunyai faktor beberapa diantaranya adalah kesesuaian kualitas, perkembangan harga MM internasional, serta factor koreksi. Selain itu terdapat juga ketahanan energi nasional dan kemampuan serap pasar,” terangnya.

Dalam materinya, ia juga menyinggung tentang pembahasan ICP dan Formula ICP. Pada alur pembahasan ICP terdapat Tim Teknis, Tim Harga, Menteri ESDM dan penetapan ICP atau formula ICP. Selain itu ia juga menjelaskan mengenai fraksi – fraksi pada minyak mentah, evaluasi ICP, dan kategori minyak mentah berdasarkan API (American Petroleum Institute) gravity yaitu ukuran seberapa berat atau ringan cairan minyak bumi dibandingkan dengan air.

Untuk menambah pemahaman peserta, pelatihan ini juga dilengkapi materi tentang Pengenalan Harga Minyak Mentah Indonesia, Spesifikasi Minyak Mentah Indonesia, Fundamental Pasar Minyak Internasional, Pergerakan Harga Minyak Internasional, Benchmark Harga Minyak Mentah & Official Selling Price, Sumber Informasi Harga Pasar Internasional, serta Proses Bisnis Pengadaan Minyak di PT. KPI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image