Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dian islami

Vaksin Covid - 19

Info Terkini | Sunday, 09 Jul 2023, 22:45 WIB

Vaksin Covid - 19

Dian Islami, NPM: 20210110400088 [email protected]

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Vaksin COVID-19 adalah sebuah produk biologis yang dirancang untuk melindungi individu dari infeksi virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit COVID-19. Vaksin ini bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus jika terjadi paparan di masa depan.

Vaksin COVID-19 mengandung bagian dari virus SARS-CoV-2, seperti protein spike atau genetik yang berkaitan dengan produksi protein spike. Protein spike merupakan protein yang ada di permukaan virus dan berperan penting dalam memungkinkan virus masuk ke dalam sel manusia. Dengan memperkenalkan bagian dari virus ini ke dalam tubuh melalui vaksin, sistem kekebalan tubuh dapat mengenali dan meresponsnya.

Setelah vaksin COVID-19 diberikan, sistem kekebalan tubuh merespons dengan memproduksi antibodi yang dapat melawan virus SARS-CoV-2. Selain itu, vaksin juga dapat merangsang produksi sel T yang dapat mengenali dan menghancurkan virus yang terinfeksi. Jika seseorang terpapar virus SARS-CoV-2 setelah divaksinasi, sistem kekebalan tubuhnya akan lebih siap dan efektif dalam melawan virus tersebut, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit COVID-19 yang parah.

Masyarakat Indonesia sangat menyambut baik Vaksinasi Covid-19 ini. Hal itu berdasarkan hasil riset perusahaan riset pasar global atau global market research (Ipsos) terkait perilaku masyarakat selama pandemi Covid-19 gelombang ketiga. Survei tersebut menyatakan bahwa 80% masyarakat Indonesia menyambut baik dan sangat ingin menerima vaksin tersebut. Hasil survei juga menunjukkan bahwa program kampanye yang dilakukan pemerintah dalam mengedukasi, menghimbau, dan mengajak masyarakat untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 dinyatakan cukup berhasil.

Beberapa isu terkait vaksin COVID-19 yang muncul sejak awal pandemi, menjadi topik yang sangat penting dan kontroversial sejak diperkenalkan terkait dengan vaksin COVID-19, antara lain:

Ø Penolakan vaksin: Ada kelompok orang yang menolak untuk divaksinasi karena berbagai alasan. Beberapa orang khawatir tentang efek samping atau tidak percaya pada keamanan vaksin, sementara yang lain mendasarkan penolakan mereka pada keyakinan agama atau pandangan skeptis terhadap vaksinasi.

Ø Varian virus: Kemunculan varian-varian baru virus SARS-CoV-2 telah memunculkan kekhawatiran tentang keefektifan vaksin yang ada. Beberapa varian telah menunjukkan kemampuan untuk menghindari kekebalan yang diberikan oleh vaksin, memicu kebutuhan akan penyesuaian vaksin dan strategi perlindungan tambahan.

Ø Efek samping: Sebagian orang melaporkan efek samping setelah divaksinasi COVID-19, termasuk reaksi lokal di tempat suntikan, demam, kelelahan, dan nyeri otot. Meskipun efek samping tersebut biasanya ringan dan berlalu dengan sendirinya, beberapa orang mungkin mengalami reaksi yang lebih parah.

Ø Aksesibilitas: Salah satu permasalahan utama adalah ketersediaan dan aksesibilitas vaksin COVID-19. Beberapa negara, terutama di negara-negara berkembang, menghadapi tantangan dalam mendapatkan pasokan vaksin yang cukup untuk populasi mereka. Hal ini dapat disebabkan oleh keterbatasan produksi, distribusi yang kompleks, serta isu-isu terkait distribusi yang adil.

Ø Ketidakpercayaan dan vaksin hesitancy: Sejumlah orang memiliki kekhawatiran atau ketidakpercayaan terhadap vaksin COVID-19. Beberapa alasan meliputi kurangnya informasi yang akurat, penyebaran disinformasi dan teori konspirasi, efek samping yang mungkin, serta kecepatan pengembangan vaksin yang dianggap oleh sebagian orang terlalu cepat. Ketidakpercayaan ini dapat menghambat upaya vaksinasi massal dan mencapai kekebalan kelompok.

Ø Pengembangan vaksin pada anak-anak: Awalnya, uji coba vaksin COVID-19 banyak difokuskan pada populasi dewasa. Namun, seiring penyebaran virus dan kebutuhan untuk melindungi anak-anak, penelitian dan uji coba telah dimulai untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanan vaksin pada anak-anak. Beberapa permasalahan terkait efektivitas, dosis yang tepat, dan keamanan vaksin dalam populasi anak-anak masih sedang diteliti.

Penting untuk dicatat bahwa upaya terus dilakukan untuk mengatasi masalah ini, baik melalui peningkatan produksi dan distribusi vaksin, kampanye pendidikan yang komprehensif, dan penelitian lebih lanjut untuk memahami dan menjawab tantangan yang muncul.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image