Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image handito putra

Dampak dan Solusi terhadap Pemakaian Gadget pada Anak Usia Dini

Eduaksi | Friday, 07 Jul 2023, 11:26 WIB

Gadget merupakan salah satu perkembangan teknologi yang pemakaiannya merata pada semua jenjang usia dan termasuk salah satunya anak anak usia dibawah 5 tahun atau usia dini. Gadget dari waktu ke waktu terus berinovasi membuat hidup manusia menjadi lebih praktis gadget yang umum digunakan oleh masyarakat saat ini yaitu laptop, sabak elektronik maupun ponsel pintar. Tidak hanya dikalangan dewasa juga dikalangan anak anak sangat populer digunakan hal ini disebabkan fiturnya yang canggih dan cara penggunaannya sangat mudah.

Untuk usia anak penggunaan gadget yang tidak diimbangi pengawasan dapat menimbulkan dampak buruk bagi penggunaannya. Dampak yang ditimbulkan pun terhadap manusia cukup beragam dari segi kesehatan sampai sosial. Tidak terkecuali untuk anak usia dini. Massa tersebut merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek rentang kehidupan manusia.

Pada massa ini anak anak memiliki peningkatan perkembangan yang cukup cepat, baik itu pada perkembangan motorik, kemampuan bicara atau bahasa maupun pada perkembangan sosialisasi ataupun kemandiriannya. Tapi penggunaan gadget berlebihan pada usia dini akan dapat mengganggu proses perkembangan. Apabila anak mengalami kecanduan gadget, anak menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Proses pada perkembangan anak sangatlah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dengan memberi gadget pada anak termasuk salah satu faktor eksternal yang mana didukung dengan sosial ekonomi dan juga pola asuh orang tua. Gadget sangatlah berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan cara berbicara ataupun bahasa dan sosialisasi ataupun kemandirian anak.

Kedua aspek perkembangan tersebut juga dapat berlangsung dengan baik apabila anak berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan lingkungannya .namun sebaliknya, bagi anak mengalami kecanduan gadget hal tersebut dapat mempengaruhi pada pola pikir anak dalam membedakan dimensi suatu benda sehingga dapat mengganggu perkembangan motorik halus anak, perkembangan bahasa perkembangan emhan

Handito Putra Pratama dan Chalifa al firza - komunikasi massa - Siska Yuningsih S.I.Kom., M.I.Kom.

Pendampingan orang tua pada anak usia dini sangatlah diperlukan yang gunanya untuk mengurangi efek negatif pada penggunaan gadget. Apabila kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua disaat anak bermain gadget, dikarenakan orang tua terlalu menggap remeh dampak yang ditimbulkan terhadap tumbuh kembang anak atau pengaruh pengaruh negatif atau positif gadget dalam pembentukan karakter anak yang dapat dilihat dari cara orang tua mendidik, mengajari dan berkomunikasi dengan anaknya.

Di era revolusi teknologi informasi saat ini peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan anak dengan tidak mengandalkan gadget. Dimana kebiasaan anak di era digital ini menganggap hidup itu dengan mudah yang pada akhirnya anak makin hari makin lemah dalam hal kesabaran serta konsentrasi dan cepat juga menuntut orang untuk mengingkannya untuk cepat. Agar anak usia dini tidak kebablasan dalam menggunakan gadget orang tua memiliki peran khusus yang gunanya untuk mengontrol anak dalam bermain gadget. Dalam waktu yang lama dan dilakukan terus menerus setiap harinya dapat memastikan bahwa anak berkembang menjadi berkepribadian yang anti sosial yang disebabkan karena akibatkan anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain gadget daripada main dengan teman sebayanya. Sehingga dapat menyebabkan individualistis serta egois dan kurangnya kepekaan terhadap lingkungan jadi dalam hal ini orang tua harus lebih dapat membatasi durasi bermain gadget pada anak.

Hal lain yang bisa dilakukan orang tua untuk mengurangi tergantung pada anak usia dini terhadap penggunaan gadget yaitu dengan memperbanyak kegiatan beraktivitas di luar rumah yang gunanya dapat memotivasi anak dalam konteks yang menghibur dan menyenangkan dengan bermain diluar rumah anak memiliki kekuatan untuk mendorong lebih banyak aktivitas dan memotivasi anak untuk menikmati kegiatan dan juga beradaptasi dengan pembelajaran anak melalui permainan.

Penting untuk membatasi waktu pemakaian gadget pada anak-anak usia dini dan memastikan mereka memiliki keseimbangan antara interaksi langsung dengan orang lain, aktivitas fisik, dan waktu layar. Orang tua dan pengasuh perlu memberikan pengawasan yang tepat serta memperkenalkan aktivitas yang bermanfaat dan merangsang perkembangan anak di luar penggunaan gadget.

UAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PRODI : ILMU KOMUNIKASI

MATKUL : KOMUNIKASI MASSA

NAMA : Handito Putra Pratama

NIM : 22010400197

Nama : Chalifa Al firza

Nim : 22010400155

Dosen Pengampu : Siska Yuningsih S.I.Kom., M.I.Kom.

#komunikasimassa #universitasmuhammadiyahjakarta #umj #dampakgadget

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image