Alam Semesta Berakselerasi Seiring Bertambahnya Umur

Info Terkini | Tuesday, 04 Jul 2023, 08:33 WIB
Albert Einstein (Foto: Stars Insider/SSDarindo)

Mereka menemukan sekitar satu miliar tahun setelah Big Bang, waktu mengalir sekitar lima kali lebih lambat dari sekarang. Quasar, sinar yang dipicu oleh lubang hitam supermasif, adalah objek paling kuat yang diketahui di alam semesta. Menggabungkan pengamatan yang diambil pada warna atau panjang gelombang yang berbeda – lampu hijau, lampu merah dan ke dalam inframerah – tim mampu membakukan ‘detak’ setiap quasar.

Dilansir dari laman Metro, analisis statistik mengidentifikasi perluasan alam semesta yang tercetak pada setiap quasar yang berdetak, menunjukkan bahwa mereka, dan alam semesta, pernah bergerak jauh lebih lambat.

"Melihat kembali ke masa ketika alam semesta baru berusia lebih dari satu miliar tahun, kita melihat waktu tampaknya mengalir lima kali lebih lambat," kata Profesor Geraint Lewis dari Universitas Sydney di Australia.

Jika Anda ada di sana, di bayi alam semesta ini, satu detik akan terasa seperti satu detik - tetapi dari posisi kita, lebih dari 12 miliar tahun ke depan, waktu awal itu tampak lambat.

Big Bang didasarkan pada teori relativitas umum Einstein

Albert Einstein, Fisikawan legendaris asal Jerman menghitung alam semesta dimulai dengan energi padat yang meledak – dan telah menyebar lebih cepat. Itu berarti kita harus mengamati jauh – dan karena itu kuno – kosmos berjalan jauh lebih lambat dari sekarang. Studi terobosan, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy, menunjukkan bahwa dia benar.

Profesor Lewis dan Dr Brendon Brewer, dari Universitas Auckland di Selandia Baru, menggunakan observasi terhadap 190 quasar dari galaksi awal. 'Berkat Einstein, kita tahu bahwa ruang dan waktu saling terkait dan, sejak awal waktu dalam singularitas Big Bang, alam semesta telah mengembang,' kata Profesor Lewis.

Perluasan ruang ini berarti bahwa pengamatan kita terhadap alam semesta awal seharusnya tampak jauh lebih lambat daripada aliran waktu hari ini. Dalam makalah ini, Lewis menetapkannya sekitar satu miliar tahun setelah Big Bang. Alam semesta gerak lambat sebelumnya hanya dapat ditelusuri kembali ke sekitar setengah usianya menggunakan supernova – bintang besar yang meledak – sebagai 'jam standar'.

Dengan mengamati quasar, cakrawala waktu telah digulung kembali menjadi hanya sepersepuluh usia alam semesta – mengonfirmasikan bahwa tampaknya semakin cepat. Para ilmuwan telah menggunakan quasar sebagai 'jam kosmik' untuk membuktikan bahwa alam semesta semakin cepat seiring dengan bertambahnya usia - menambah dukungan pada teori relativitas umum Albert Einstein.

Menggabungkan pengamatan yang diambil pada warna atau panjang gelombang yang berbeda – lampu hijau, lampu merah dan ke dalam inframerah – tim mampu membakukan ‘detak’ setiap quasar. Analisis statistik mengidentifikasi perluasan alam semesta yang tercetak pada setiap quasar yang berdetak, menunjukkan bahwa mereka, dan alam semesta, pernah bergerak jauh lebih lambat.

"Melihat kembali ke masa ketika alam semesta baru berusia lebih dari satu miliar tahun, kita melihat waktu tampaknya mengalir lima kali lebih lambat," kata penulis utama Profesor Geraint Lewis dari Universitas Sydney di Australia.

Alam semesta gerak lambat sebelumnya hanya dapat ditelusuri kembali ke sekitar setengah usianya menggunakan supernova – bintang besar yang meledak – sebagai 'jam standar'. Dengan mengamati quasar, cakrawala waktu telah digulung kembali menjadi hanya sepersepuluh usia alam semesta – mengonfirmasikan bahwa tampaknya semakin cepat.

Supernova bertindak seperti kilatan cahaya tunggal, membuatnya lebih mudah dipelajari, quasar lebih kompleks, seperti pertunjukan kembang api yang sedang berlangsung,' terang Profesor Lewis.

'Apa yang telah kami lakukan adalah mengungkap tampilan kembang api ini, menunjukkan bahwa quasar juga dapat digunakan sebagai penanda waktu standar untuk alam semesta awal.

Dengan data yang luar biasa ini, kami dapat memetakan detak jam quasar, mengungkap pengaruh perluasan ruang. Hasilnya juga bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang gagal mengidentifikasi pelebaran waktu quasar jauh.

Studi sebelumnya ini membuat orang bertanya-tanya apakah quasar benar-benar objek kosmologis, atau bahkan apakah ide memperluas ruang itu benar.

“Namun, dengan data dan analisis baru ini, kami dapat menemukan tanda quasar yang sulit dipahami dan mereka berperilaku seperti yang diprediksi oleh relativitas Einstein.” tambah Profesor Lewis. ***