Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Assya Putri Sanggita

Dapetin Ilmu dan Pengalaman di Luar Mata Kuliah? Emang Bisa?

Eduaksi | Sunday, 02 Jul 2023, 14:18 WIB

Tentu saja bisa dong! Kalian bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menarik di luar mata kuliah dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus dan jurusan kalian. Saya Assya Putri Sanggita, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prodi Ilmu Komunikasi yang juga sebagai anggota aktif Himakom angkatan 2021. Disini saya akan membagikan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di luar mata kuliah, dengan mengikuti organisasi Himakom yang ada di FISIP UMJ.

Apa sih Himakom itu? Himakom atau Himpunan mahasiswa ilmu komunikasi merupakan suatu organisasi yang menghimpun mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. Himakom ini bertujuan untuk memperkuat hubungan atau ikatan para mahasiswa Ilmu Komunikasi dan meningkatkan skill di luar mata kuliah tentang bidang ilmu komunikasi. Alasan saya mengikuti organisasi Himakom Ini karena saya ingin menambah relasi saya dan saya ingin mengembangkan keterampilan atau skill saya lewat acara-acara yang diadakan oleh Himakom.

Gambar diatas adalah salah satu acara talkshow yang diadakan oleh Himakom pada kegiatan pekan Himakom. Talkshow tersebut diadakan pada tanggal 16 juni 2022 dengan topik “Strategi Dalam Membangun Creative Skill Di Era Digital”. Talkshow ini mengundang narasumber dari kementrian ketenaga kerjaan RI yaitu Ahmad Lutfi dan Founder Of Sobat Cyber Indonesia yaitu Akbar Rahmadillah. Dengan adanya kegiatan talkshow ini dapat meningkaykan pola pikir kritis mahasiswa dalam membagun skill kreatif dalam era digital ini

Di dalam organisasi Himakom ini memiliki 4 bidang yaitu, bidang 1 (organisasi dan pengkaderan), bidang 2 (pengembangan sumber daya anggota), bidang 3 (kajian strategis), bidang 4 (hubungan antar lembaga). Di setiap bidang memiliki program kerjanya masing masing, semua program kerja yang dijalankan dari masing masing bidang dapat memingkatkan skill para anggotanya. Saya termasuk ke dalam staff bidang 3 yaitu kajian strategis, fungsi dan tugas dari bidang 3 adalah mengkaji 3 konsentrasi yang ada di dalam prodi ilmu komunikasi, yaitu Public Relation, Advertising, dan Broadcasting.

Mengikuti organisasi Himakom FISIP UMJ merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan selama saya berada di perguruan tinggi. Setelah mengikuti Himakom ini, saya memiliki banyak relasi baik dari setiap konsentrasi maupun angkatan. Saya juga merasakan perbedaan dalam diri saya, yaitu sebelum saya mengikuti organisasi ini tadinya saya malu dan takut untuk berbicara didepan banyak orang, tetapi setelah mengikuti organisasi ini saya menjadi lebih berani untuk berbicara didepan banyak orang. Acara-acara yang diadakan oleh Himakom telah memberikan pengalaman yang luar biasa bagi saya, karna saya dapat belajar bagaimana cara menjalankan suatu acara.

Walaupun saya masuk kedalam konsentrasi Advertising tetapi dengan mengikuti organisasi saya dapat mengetahui dasar-dasar dari konsentrasi lainnya seperti, Public Relation dengan organisasi saya dapat belajar menjadi seorang humas atau penghubung antara organisasi dengan pihak luar organisasi seperti, pihak Universitas, Sponsorship, Media Partner. Dalam bidang Broadcasting saya dapat belajar bagaimana cara memakai sebuah kamera. Nah ini adalah segelintir pengalaman saya selama mengikuti organisasi. Bagi kalian yang ingin menambah ilmu dan pengalaman di luar mata kuliah kalian bisa mengikuti organisasi yang ada dikampus kalian seperti saya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image