Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aan komala

Nongkrong di Angkringan Sama dengan Sedekah ?

Kuliner | Thursday, 29 Jun 2023, 21:56 WIB
jajanan angkringan (sumber:dok.pribadi)

Sebelumnya apakah kalian mengetahui apa itu angkringan?Angkringan adalah sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung wedangan. Nah sekarang apa yang kalian ketahui tentang sedekah? Sedekah adalah memberi secara sukarela harta atau bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Aturan dalam sedekah lebih bebas dibanding zakat atau infak. Sedekah bukanlah suatu kewajiban, tetapi adalah perbuatan baik.

Manfaat yang didapatkan dari nongkrong di angkringan, di antaranya dapat bertukar informasi, menambah relasi, mempererat hubungan pertemanan, memunculkan ide, dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru, meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, dan mengurangi pengangguran Penyebab anak muda memilih nongkrong di angkringan di antaranya yaitu, karena suasananya yang santai dan nyaman, harga menu di angkringan murah dan terjangkau bagi anak muda, angkringan kini mudah ditemukan di mana-mana, serta sebagai alternatif pengganti kafe, restoran, dan makanan cepat saji.

Kekurangan dari nongkrong angkringan, seperti yang kalian ketahui penjual angkringan banyak di pinggir jalan . Tempat yang digunakan outdoor atau tempat terbuka , karena tempat terbuka banyak debu , banyak hewan liar berkeliaran contohnya kucing liar , kalau hujan kehujanan banyak angkringan yang belum menggunakan tenda .

Nah sekarang kita bahas kenapa kita nongkrong di angkringan bisa sama dengan sedekah , seperti yang kalian ketahui kalau angkringan berada di pinggir jalan atau tempat terbuka. Jadi waktu itu saya dan teman-teman suka nongkrong di angkringan selain tempatnya mudah dicari harganya juga ekonomis cocok untuk pelajar seperti saya dan teman-teman. Setelah lumayan lama kita duduk ternyata banyak juga orang yang meminta minta seperti badut , manusia silver , banci dan bahkan ada anak kecil. Langsung saja kita ketopik ya kita sesama manusia harus saling berbagi dengan begitu saya dan teman-teman berbagi sedikit rezeki . Selain kepada sesama manusia kita berbagi kita juga dapat berbagi makanan kita ke kucing liar yang berada di sekitar kita.

Ada beberapa menu angkringan yang saya tahu :

1. susu jahe

2. nasi kucing

3. tempe bacem

4. mie instan

5. sate-satean dari Frozen food

6. minuman es

7. sate usus ayam

8. sate ceker

9. kopi

10. gorengan

Nah dari cerita singkat itu kita bisa menyimpulkan bahwa nongkrong di angkringan sama dengan sedekah. Karena dengan kita berbagi tanpa meminta imbalan dan hati yang ikhlas , itu semua bisa disebut sebagai sedekah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image