Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Keuntungan dan Peluang Usaha Bisnis Tour and Travel

Wisata | Friday, 23 Jun 2023, 10:16 WIB
Notion Career Series Prodi Sastra Inggris Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Alida)

Ferhadius Endi, S.Pd., M.A., pemilik dari SALUT BALI Tour & Travel didapuk menjadi narasumber dalam acara Notion Career Series bertajuk “Seminar Pengembangan Karier Kewirausahaan dan Pariwisata” pada Selasa, 6 Juni 2023. Bertempat di gedung Amphitarium Kampus IV UAD, acara ini diinisiasi oleh Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai media bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja melalui alokasi ilmu-ilmu praktis.

Di perguruan tinggi, Endi yang sempat mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, kerap terekspos dengan translasi bahasa dan pariwisata yang kemudian membuatnya tertarik untuk menjalankan bisnis jasa dalam bidang tour and travel. Sejalan dengan hal tersebut, dalam kesempatan ini Endi berkesempatan untuk memaparkan materi tentang “Wirausaha Bidang Pariwisata bagi Pembelajar Bahasa dan Sastra”.

Membuka pemaparan materi, Endi menuturkan bahwa menjalankan sebuah bisnis merupakan opsi yang tepat bagi seseorang yang tidak ingin terikat dengan aturan baku dari sebuah perusahaan atau instansi milik orang lain. “Memiliki usaha sendiri berarti adanya kebebasan yang bisa dilakukan dalam hal aturan. Berbeda dengan kalau bekerja ikut orang, di korporasi yang harus mematuhi aturan yang ada,” tegasnya.

Modal Nekat

Kemahiran Endi dalam berbahasa Prancis membawanya pada pintu-pintu berkah yang tidak terduga seperti kesempatan mendirikan SALUT BALI. SALUT BALI dibangun sebagai sebuah sarana bagi turis asing yang akan berkunjung ke Indonesia untuk mendapatkan informasi relevan terkait destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya Bali. “SALUT dalam bahasa Prancis berarti hai, dan BALI karena harus saya akui bahwa objek atau destinasi utama pariwisata Indonesia itu ada di Bali. Jadi orang Eropa sering kalau mau liburan yang dicari itu Bali,” jelasnya.

Keuntungan Bisnis Tour & Travel

Saat ini berwisata sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tak jarang, banyak pebisnis yang meraup untung dari usaha tour and travel. Biasanya bisnis tour and travel menyediakan berbagai layanan yang menarik, seperti akomodasi wisata, tiket, hingga jasa agen perjalanan studi dan religi. Menurut Endi, ada beberapa keuntungan yang dapat dijanjikan oleh perusahaan penyedia jasa tour and travel, di antaranya sebagai berikut.

 

  • Tidak perlu menggunakan modal yang besar

Setiap usaha tentunya dibangun dengan sebuah modal. Namun, tidak semua usaha harus dimulai dengan modal yang besar, salah satunya adalah bisnis tour and travel. Bisnis sejenis ini biasanya tidak berpegang pada materi, melainkan kepada kemampuan komunikasi yang baik antara pihak penyedia jasa dengan para konsumennya.

 

  • Bisa dijalankan di mana saja tanpa terikat oleh waktu dan tempat

Fleksibilitas menjadi nilai tambah kemudahan menjalankan bisnis tour and travel. Bisnis bisa dijalankan sepanjang tahun mengingat orang-orang akan tetap berwisata tanpa mengenal bulan, musim, maupun tempat yang akan dikunjungi.

 

  • Bisnis yang simpel

Bisnis tour and travel erat kaitannya dengan tuntutan efisiensi waktu dari para konsumen. Oleh karenanya, bisnis ini mengandalkan adanya paket-paket wisata maupun akomodasi yang dapat dipakai seterusnya selama bisnis masih terus berjalan.

 

  • Komisi dari berbagai sumber

Apabila jenama yang diciptakan dalam bisnis tour and travel sudah kuat dan kepercayaan mitra bisnis dan konsumen kian meningkat, bisnis ini dapat dikategorikan sebagai usaha yang mudah mendapatkan uang. Pendapatan dalam bisnis ini dapat diambil dari berbagai kantong, seperti mitra bisnis, penjualan paket-paket wisata, uang saku tambahan dari konsumen, hingga sponsor.

 

  • Pergaulan luas

Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen adalah kunci keberhasilan bisnis jangka panjang. Sebab, memiliki koneksi yang kuat berdasarkan kepercayaan dan komunikasi akan membantu pelanggan merasa lebih aman sehingga meningkatkan retensi pelanggan dan tingkat pembelian berulang. Bonusnya, kita bisa menjalin pergaulan yang lebih luas dengan berbagai macam karakter dari berbagai tempat. Begitu yang disampaikan Endi.

Peluang Usaha Bidang Pariwisata

Peluang usaha bidang pariwisata saat ini masih terbuka lebar bagi siapa saja, mengingat kebutuhan akan rekreasi manusia yang tidak akan pernah ada habisnya. Adapun Endi menuturkan bahwa beberapa peluang ini akan sangat cocok untuk digali lebih dalam oleh mahasiswa Sastra Inggris, misalnya seperti tour guide/driver-guide, tour and travel (ticketing, transport, open trip, dsb.), hotel dan restoran, objek wisata (desa wisata, kampung turis, dsb.), content creator, maupun entrepreneur.

Bagian terpenting dari memaksimalkan peluang usaha yang ada di depan mata adalah dengan memulai berwirausaha. Belajar dari pengalaman satu dan pengalaman lainnya bisa dijadikan bekal untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan ditemui di tengah jalan. (Lid)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image