Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Samri Achyar

Cara Menghemat Baterai HP Realme C2

Teknologi | Monday, 19 Jun 2023, 20:42 WIB

Penggunaan smartphone yang semakin intens dapat membuat baterai cepat habis. Khususnya bagi pengguna Realme C2, berikut ini cara-cara efektif untuk menghemat baterai HP anda.

1. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Salah satu cara efektif menghemat baterai HP Realme C2 adalah dengan mengaktifkan mode hemat baterai yang telah disediakan oleh sistem operasi. Fitur ini bekerja dengan mengurangi konsumsi daya oleh beberapa aplikasi dan komponen perangkat, seperti penurunan kecerahan layar dan membatasi aktivitas latar belakang.

2. Mengurangi Kecerahan Layar

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mengurangi kecerahan layar. Layar adalah komponen yang paling banyak mengkonsumsi daya pada smartphone. Oleh karena itu, menurunkan tingkat kecerahan layar dapat memperpanjang durasi baterai. Realme C2 dilengkapi dengan fitur auto-brightness yang bisa membantu menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar.

3. Mematikan Koneksi Internet

Koneksi internet yang selalu aktif juga menjadi salah satu penyebab cepatnya baterai HP habis. Apabila anda tidak membutuhkan koneksi internet, sebaiknya matikan fitur ini. Anda bisa mengaktifkannya kembali saat membutuhkan.

4. Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di latar belakang seringkali tidak kita sadari, namun sebenarnya cukup banyak menguras daya baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk menonaktifkan aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan.

5. Mengupdate Sistem Operasi dan Aplikasi

Mengupdate sistem operasi dan aplikasi terbaru juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat baterai. Sistem operasi dan aplikasi terbaru biasanya sudah dioptimalkan untuk menghemat penggunaan baterai.

6. Menggunakan Fitur Battery Saver

Fitur Battery Saver pada HP Realme C2 memiliki fungsi untuk mematikan aplikasi yang tidak diperlukan dan membatasi fungsi yang tidak penting sehingga baterai dapat bertahan lebih lama.

7. Menghindari Penggunaan Live Wallpaper

Live wallpaper atau wallpaper bergerak dapat memakan daya baterai yang cukup besar. Maka, lebih baik gunakan wallpaper statis untuk menghemat daya.

8. Mengatur Mode Jaringan

Jika anda berada di area dengan sinyal yang kurang baik, HP akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal yang membuat baterai cepat habis. Anda bisa mengatur mode jaringan menjadi 2G atau 3G saat tidak membutuhkan internet cepat.

9. Mengurangi Penggunaan Widget

Widget yang banyak di layar home juga bisa menjadi penyebab cepatnya baterai habis karena widget tersebut bekerja secara terus menerus.

10. Mengatur Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis untuk email, kalender, kontak dan lainnya bisa membuat baterai cepat habis. Anda bisa mengatur interval sinkronisasi atau mematikannya jika tidak diperlukan.

Kesimpulan

Baterai yang awet adalah dambaan setiap pengguna smartphone, termasuk pengguna Realme C2. Dengan menerapkan cara-cara di atas, diharapkan penggunaan baterai dapat lebih efisien dan awet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber : https://alkisahnews.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image