Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luthfi Firmansyah

Peran Internet dalam Meningkatkan Kualitas Kehidupan Manusia

Gaya Hidup | Thursday, 15 Jun 2023, 13:14 WIB
ilustrasi

Kehidupan manusia di zaman modern ini tidak lepas dari peran internet. Internet telah mengubah kehidupan manusia yang sebelumnya harus bekerjasama dalam mengerjakan segala hal, saat ini bisa hidup mandiri dengan bantuan internet dan perangkat komputer atau alat komunikasi smartphone.

Mulai dari mencari berbagai informasi, berbelanja, mencari dan memasarkan berbagai komuditas, serta dunia pendidikan, tidak lepas dari internet. Bahkan bisa dikatakan saat ini internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi dunia pendidikan dan dunia kerja.

Mengutip berbagai sumber, internet adalah singkatan dari interconnection and networking atau jaringan komunikasi global yang menghubungkan berbagai jaringan komputer di seluruh dunia melalui media komunikasi, seperti satelit. Internet diciptakan pada tahun 1969 oleh Leonard Kleinrock, seorang insinyur sekaligus ilmuwan Amerika yang lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya, internet menyebar secara masif ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ditambah lagi, perkembangan smartphone semakin meningkatkan percepatan penyebaran internet, karena bermunculan aplikasi yang semakin memudahkan kehidupan manusia modern. Berbelanja bisa menggunakan e-commerce, pesan alat transportasi mulai dari pesawat, kereta api, bus maupun ojek bisa melalui aplikasi, dunia keuangan juga bisa dioperasikan hanya dalam genggaman.

Perkembangan internet juga membuat perubahan perilaku manusia. Sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari, interaksi antara manusia yang satu dengan yang lainnya selalu terjadi secara langsung, tatap muka. Tetapi setelah perkembangan internet yang semakin masif, membuat interaksi manusia yang satu dengan lainnya tidak dilakukan secara langsung, cukup melalui berbagai aplikasi yang dioperasikan oleh mesin dan internet.

Beberapa contoh perubahan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Sebelumnya orang akan berbelanja di toko untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, tetapi saat ini perilakunya sudah digantikan oleh e-commerce.

2. Sebelumnya orang akan datang ke stasiun, terminal, atau pangkalan ojek jika akan membeli tiket atau akan menggunakan jasa transportasi umum, saat ini digantikan oleh aplikasi pemesanan tiket secara daring.

3. Sebelumnya transaksi perbankan seperti transfer dana, nasabah harus datang di bank. Tetapi saat ini digantikan oleh aplikasi yang memungkinkan nasabah melalukan transaksi dimana saja dan kapan saja secara real time.

4. Sebelumnya mahasiswa jika mencari buku di perpustakaan harus mencari secara manual melalui katalog kartu, saat ini sudah bisa dilakukan secara cepat melalui aplikasi koleksi perpustakaan atau katalog online.

5. Sebelumnya untuk mendapatkan hiburan seperti memutar lagu, memutar film, melihat televisi arau mendengarkan radio, harus memiliki koleksi lagu dan film secara fisik serta radio dan televisi. Tetapi saat ini sudah bisa digantikan oleh berbagai aplikasi yang sangat mudah dioperasikan.

Dengan aplikasi rumah pintar (smarthome) memungkinkan pemilik rumah bisa mengoperasikan berbagai fasilitas di rumah dengan menggunakan smartphone, seperti menyalakan lampu, mematikan pendingin ruangan, merekam kejadian melalui CCTV, dan hal itu bisa dilakukan tanpa terbatas jarak dan waktu.

Beberapa contoh di atas hanyalah sebagai kecil dari peran internet yang terus berkembang di tengah masyarakat modern. Bahkan terus berkembang tanpa bisa dibendung oleh siapapun. Peran internet akan semakin meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Saat ini, internet semakin berkembang pesat. Karena bermunculan aplikasi yang disebut dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Perpaduan antara internet dan AI menjadikan berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan oleh manusia, sudah beralih bisa dilakukan oleh mesin.

Dilansir dari Stanford Computer Science, artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer. Sehingga AI merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sistem komputer, perangkat lunak, program dan robot untuk “berpikir” secara cerdas layaknya manusia.

Berkembangnya kecerdasan buatan yang dioperasikan oleh komputer dan internet, akan semakin mengikis peran manusia dalam menjalankan pekerjaan. Lambat laun peran manusia akan digantikan oleh perangkat komputer dan internet.

Yang saat ini sedang menjadi pembicaraan adalah AI dalam aplikasi ChatGPT. Sebab aplikasi ini bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan jawaban yang panjang. Bahkan para ilmuwan memprediksi bahwa ChatGPT bisa menggantikan mesin lacak seperti google, microsoft edge, mozila firefox dan lain-lain.

Dengan demikian, maka internet saat ini menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi manusia, di mana saja dan kapan saja. Karena itu, jika saat ini seseorang buta akan internet, maka mereka akan sama dengan buta huruf di masa lalu. harapannya, gunakan internet dengan baik dan cerdas, bukan dengan niat untuk hal yang negatif. (luthfi firmansyah)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image