Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ALYA NABILA IRYANI

UNAIR: 5 Besar PTN Terbaik Indonesia, Kok Terlihat Masih kalah Pamor?

Sekolah | Friday, 09 Jun 2023, 18:34 WIB

SURABAYA – Belakangan kembali menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, terkhususnya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas terbaik Indonesia yang terletak di provinsi paling timur pulau Jawa ini sendiri, Universitas Airlangga, atau yang biasa dikenal oleh masyarakat dengan panggilan akrabnya, yaitu ‘UNAIR’, mengenai bagaimana UNAIR yang pada sekitar pertengahan tahun 2022 lalu dinyatakan baru saja meraih peringkat 369 universitas terbaik dunia oleh QS WUR.

Yang mana juga berarti UNAIR berhasil memanjat naik sebanyak 96 tangga peringkat dari perolehan peringkat sebelumnya yang berada di posisi 465 dunia pada periode sebelumnya.

Logo 369 WUR UNAIR. Sumber: https://unair.ac.id/logo-ranking-369-wur-unair/

Quacquarelli Symonds World University Rankings, atau lebih dikenal sebagai QS WUR, sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang selalu hangat-hangatnya menjadi pembicaraan terkhusus pada setiap momen pergantian tahun dimana para pelajar tahun terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) sedang gencar-gencarnya fokus dalam mempersiapkan diri mereka untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri, dan tentunya selalu menjadikan pemeringkatan dari QS WUR sebagai acuan dalam memilih universitas impian yang akan diperjuangkan nantinya.

QS WUR sendiri diketahui memiliki indikator khusus tersendiri yang mereka gunakan untuk menilai dan membandingkan penilaian antar universitas-universitas seluruh dunia yang masuk dalam list penilaian mereka diantaranya yaitu, Academic reputation, Employer reputation, Faculty/student ratio, Citations per faculty, International student ratio & international faculty ratio.

Setelah mendekati satu tahun semenjak UNAIR menyandang ranking yang diketahui meningkat sangat drastis ini, hal ini kembali menjadi perbincangan lantaran menurut perhitungan, QS WUR akan kembali mengeluarkan hasil pemeringkatannya dalam waktu yang tidak lama lagi pada Juni 2023 ini, Jumat (9/6/2023).

Hal ini tentunya membuat masyarakat, terkhususnya para mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di UNAIR penasaran, peringkat berapa kah yang akan didapatkan UNAIR pada tahun ini, apakah dapat meloncat lebih tinggi lagi atau malah diam di tempat.

Di tengah perbincangan mengenai peringkat dunia nya, UNAIR juga telah sering menjadi perbincangan mengenai peringkatnya di antara universitas-universitas negeri bergengsi di Indonesia sendiri. Jika menurut perhitungan hasil penilaian QS WUR nya, maka UNAIR berada di peringkat ke-4 universitas negeri terbaik di Indonesia setelah UGM, ITB, dan UI, yang mana sebagai universitas-universitas Indonesia lainnya yang berhasil meraih peringkat tinggi pada tangga pemeringkatan QS WUR.

Dengan pencapaian-pencapaian yang dimilikinya pun masyarakat masih suka merasa janggal lantaran UNAIR dirasa kurang pamor daripada 3 universitas di atasnya, bahkan universitas-universitas negeri dengan peringkat di bawahnya.

Dengan track record dan latar belakang sejarah yang sangat baik di bidang kesehatan, UNAIR diketahui hanya populer di kalangan pelajar yang ingin mengejar mimpi yang sejalan dengan dunia kesehatan apalagi terkhususnya bidang kedokteran dan kedokteran gigi. Namun masih kurang populer di antara pelajar Indonesia lainnya yang tidak memiliki mimpi ke arah yang sama.

Walaupun dengan kepopuleran dan kefavoritan UNAIR sebagai pilihan universitas bagi mereka yang tertarik untuk melanjutkan masa depan ke arah bidang kesehatan, Universitas Airlangga juga nyatanya memiliki total 15 fakultas dengan rata-rata akreditasi A dan unggul pada berbagai macam program S1 dan sekolah Vokasi, begitu juga dengan berbagai program studi di sekolah lanjutan Pascasarjananya, yang dapat ditawarkan bagi para pelajar seluruh Indonesia.

Sayangnya dengan segala fasilitas dan prestasinya pun entah kenapa UNAIR masih sering terjebak pada masalah kalah pamornya, dibanding dengan deretan 5 besar universitas-universitas terbaik Indonesia lainnya UNAIR entah sering dipandang kurang dapat mengambil hati para pelajar generasi z Indonesia masa kini.

Bila dilihat dari pergerakannya di sosial media, maka generasi z masa sekarang sangat terkenal sebagai generasi yang menyukai hal-hal yang berbau dan terlihat modern, rapi, dan elegan dipandang mata, maka nampaknya selain memperhatikan rekam jejak dan akreditasi dari universitas, fakultas, juga program studi yang mereka incar, mereka juga menyukai universitas-universitas yang dibungkus dengan bangunan-bangunan dan fasilitas yang terlihat megah dan rapi, enak dipandang mata.

Tidak hanya itu banyak dari pemuda generasi z sekarang juga sangat peduli mengenai kenampakan lingkungan dimana mereka akan belajar salah satunya dikarenakan alasan tingkat tekanan yang semakin tinggi di perguruan tinggi tentunya membuat mereka khawatir dan mau tidak mau harus selalu peduli dengan kondisi kesehatan mental mereka masing-masing, mau tidak mau pun mereka harus belajar untuk dapat mengontrol emosi dan suasana hati mereka setiap saat agar tidak gampang stress.

Karena itu pun keindahan dan keelokan dari lingkungan sekitar dimana mereka akan menghabiskan 4 tahun belajar menimba ilmu di jenjang perkuliahan pun akhirnya sering kali menjadi salah satu faktor penentu yang penting dalam pemilihan universitas.

Generasi z sekarang juga kerap dilihat sebagai generasi yang sangat-sangat peduli dengan identitas, ciri khas, penampilan, serta track record mereka di mata publik, apalagi media sosial, menjadikan mereka lebih berhati-hati dalam memilih universitas yang menurut mereka 'bergengsi', baik itu dari sisi penampilan dan penataan lingkungan universitasnya, juga hingga track record kesuksesan alumninya yang kemudian juga menjadi salah satu faktor mereka dapat konon menjadi tolak sejauh mana karir mereka dapat terjamin setelah menjadi lulusan universitas yang mereka tuju.

Beberapa hal sepele namun penting ini pun sekiranya dapat menjadi beberapa saran yang bagus dan efektif bagi UNAIR, civitas di dalamnya, maupun alumni-alumninya, agar dapat terus berkembang serta bertumbuh dengan lebih baik, kreatif, juga inovatif untuk tahun ke tahunnya dalam upaya membangun citra dan pamor yang baik dan lebih menarik di mata para generasi z zaman sekarang.

Namun bagaimanapun UNAIR harus tetap berbangga karena pada tahun 2023 ini telah cukup mengantongi peningkatan pesat salah satunya yaitu sukses dalam membawa 20.735 siswa calon mahasiswa baru pendaftar jalur SNBP 2023, yang mana pada tahun 2022 lalu hanya dapat membawa 18.165 pendaftar pada jalur SNMPTN. Membuktikan bahwa dengan ranking yang dimiliki sekarang pamornya pun juga mulai sukses beranjak naik di tengah perbincangan pelajar generasi z jaman sekarang, sejalan dengan kenaikan signifikan rankingnya di pemeringkatan dunia oleh QS WUR.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image