Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma Luqyana S

Yuk, Bantu Tenangkan Istri saat Hamil hingga Proses Persalinan!

Parenting | Thursday, 08 Jun 2023, 06:14 WIB

Kehamilan dan persalinan merupakan pengalaman yang mendalam serta berkesan bagi para calon ayah dan ibu baru. Pengalaman ini sering dikaitkan dengan perasaan haru dan bahagia. Namun, normal terutama untuk sang ibu merasakan cemas, takut, dan khawatir.

Rasa cemas yang dirasakan ibu berkaitan dengan perubahan yang terjadi selama hamil hingga proses bersalin dimulai, baik itu perubahan pada fisik maupun kejiwaan sang ibu. Pikiran-pikiran negatif dalam psikis ibu seperti rasa kecewa, cemas, sedih, dan penolakan akan naik sebanyak 80% pada kehamilan trimester pertama. Walau hal tersebut kebanyakan teratasi saat trimester kedua, kekhawatiran ibu akan kembali meningkat pada trimester akhir. Hal ini terjadi seiring dengan kehamilan yang semakin membesar dan matang. Ketakutan yang dirasakan oleh ibu dapat meningkatkan kadar hormon adrenalin yang dapat menyebabkan komplikasi persalinan seperti timbul pendarahan dan infeksi.

Keterlibatan suami sejak masa awal kehamilan tentunya akan untuk mengatasi rasa takut yang dirasakan oleh pasangannya. Peran suami dapat sangat berpengaruh pada kesuksesan kehamilan dan persalinan. Oleh karena itu, penting bagi suami untuk memahami perubahan dan kebutuhan dari istrinya. Peran yang bisa diambil oleh sang suami diantaranya adalah:

1. Rutin memberi pujian untuk istri

Perasaan tak nyaman yang dirasakan istri saat hamil bisa disebabkan oleh psikis dan perubahan pada fisik. Perut yang semakin lama semakin membuncit, muncul stretch mark, rambut rontok, dan lain-lain membuat istri kecewa dan merasa tidak menarik. Pujian-pujian kecil yang ditujukan suami untuk istrinya sangat berperan untuk membangun kembali kepercayaan diri istri pada masa kehamilan bahkan persalinan.

2.Membantu pekerjaan rumah

Perlu diingat bahwa penting untuk menjaga kondisi ibu hamil. Kelelahan yang berlebih tentunya harus dihindari. Istri tentunya akan sangat menghargai jika suami membantu pekerjaan rumah dan memberi kesempatan bagi istri beristirahat.

3. Memenuhi keinginan istri

Gejolak psikis dari ibu hamil seringkali membuat ibu menginginkan hal-hal yang random. Kebanyakan orang menyebut fenomena ini dengan "ngidam". Bahkan tak sedikit yang mengatakan bahwa jika "ngidam" istri tidak dipenuhi, maka bayi nantinya akan "ileran". Walau tak terbukti secara medis, memenuhi "ngidam" ibu hamil tentunya akan berdampak positif pada psikis ibu hamil.

4. Ikut kontrol rutin ke bidan atau dokter obgyn

Mendampingi istri kontrol kandungan rutin ke bidan atau dokter obgyn selain membuat istri lebih tenang, sang suami juga bisa lebih memahami kondisi kesehatan istri dan calon anaknya. Suami juga bisa ikut berkonsultasi dengan bidan dan dokter.

5. Mengikuti kelas parenting

Menjadi seorang ayah baru tentunya perlu landasan pengetahuan yang luas. Dengan mengikuti kelas parenting suami dapat mempersiapkan diri untuk mengerti kebutuhan istri dan merawat anak dengan baik.

6. Memaksimalkan quality time dengan istri dan janin

Masa kehamilan merupakan masa yang tepat untuk mempererat bonding antara calon ayah, calon ibu, dan juga janin. Menghabiskan waktu bersama membuat pasangan saling mengerti dan saling merasa diperhatikan. Pada masa-masa kehamilan, suami bukan hanya diharapkan mampu memprioritaskan waktunya untuk sang istri dan janin, tetapi juga mempersiapkan segala kebutuhan keluarga.

Nah, itulah kiat untuk menjadi suami siaga. Yuk, terus dampingi istri selama proses kehamilan!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image