Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Membentuk Karakter Gemar Membaca Sejak Anak Usia Dini

Parenting | Thursday, 01 Jun 2023, 19:04 WIB

Membaca, kegiatan sederhana tetapi berjuta manfaat seperti itulah adanya. Kita tahu bersama bahwa membaca memberikan banyak manfaat seperti menambah pengetahuan, memperkaya kosakata, mengubah mindset, dan masih banyak lagi. namun Indonesia sendiri memiliki tingkat minat baca masyarakat yang masih rendah. UNESCO menyebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 1:1000 penduduk. Dari sini tampak bahwa perlu adanya perbaikan dan peningkatan.

Mirisnya membaca menjadi kegiatan yang membosankan untuk kebanyakan orang termasuk mahasiswa yang seharusnya banyak membaca buku dan jurnal demi menunjang pengetahuan mereka. Salah seorang dosen saya mengatakan bahwa pelajar luar negeri mereka diwajibkan untuk membaca banyak 5 sampai 6 buku setiap semesternya untuk menunjang pembelajaran mereka tetapi mereka tidak keberatan dengan hal itu karena memang sudah terbiasa membaca buku. Sebaliknya mahasiswa di Indonesia merasa kesulitan untuk membaca banyak buku dalam jangka waktu satu semester. Seharusnya semakin tinggi tingkat pendidikan yang diambil dibarengi juga dengan semakin banyak buku yang dibaca tetapi kenyataannya tidak demikian.

Perlu adanya pembiasaan sejak dini. Anak – anak usia dini menjadi sasaran targetnya. Anak cenderung membentuk karakter pada usia tersebut. Dengan mulai mengajarkan anak untuk gemar membaca anak akan tumbuh dengan budaya itu. Anak bisa dikenalkan dengan buku cerita bergambar atau dengan mengenalkan huruf abjad dengan berbagai kartu bergambar. Buat suasana belajar membaca anak menjadi menyenangkan. Kegiatan ini perlu dilakukan secara konsisten demi membentuk karakter yang diinginkan. Orang tua bisa mulai membacakan buku cerita pada anaknya yang masih balita. Meskipun mereka hanya bisa mendengar tetapi hal itu bisa menjadi stimulus agar anak gemar membaca dikemudian hari karena sudah menjadi kebiasaan sejak mereka masih balita. Luangkan waktu khusus untuk anak belajar membaca dan orang tua harus setia mendampinginya.

kartu bergambar untuk pengenalan abjad pada balita
kartu bergambar untuk pengenalan abjad pada balita

Anak yang tumbuh dengan kebiasaan membaca akan menjadikannya lebih cerdas dan memiliki kemampuan berbicara yang baik karena didukung dengan banyaknya kosakata yang mereka miliki. Kemampuan mereka dalam memahami kalimat yang panjang pun juga salah satu manfaat yang didapat. Para orang tua harus sadar dan mau membantu putra-putrinya untuk bisa gemar membaca. Tidak ada ruginya orang yang banyak membaca, sebaliknya membaca menjadikan orang lebih kritis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image