Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Xindy Utami

Mengulik Alasan Perselingkuhan yang Menjadi Isu Marak Masa Kini

Lainnnya | Thursday, 01 Jun 2023, 15:32 WIB

Akhir-akhir ini kita mendengar banyak berita perselingkuhan dari kalangan artis, baik dalam negeri atau luar negeri, atau bahkan dari curhatan warga-warga twitter. Fenomena perselingkuhan ini selalu ada dan menjadi topik hangat setiap kali muncul. Saat kisah perselingkuhan yang satu telah meredup, kisah perselingkuhan selanjutnya bermunculan. Pertanyaannya, kenapa kasus perselingkuhan sangat sering terjadi?

Perselingkuhan adalah perilaku yang mengkhianati kepercayaan dan komitmen yang telah dibuat bersama pasangan, berupa tindakan romantis atau seksual yang dilakukan dengan orang lain selain pasangannya. Alasan-alasan orang melakukan perselingkuhan sangat beragam di antaranya:

1) Kurangnya kepuasan emosional dan seksual dalam hubungan

Perselingkuhan dapat disebabkan adanya ketidakpuasan emosional dan seksual. Pasangan mungkin jarang melakukan komunikasi sehingga tidak lagi merasakan koneksi atau mungkin merasa kebutuhan seksualnya tidak terpenuhi dan berusaha memenuhi semua hal itu dengan orang lain. Bisa juga pasangan memiliki perbedaan pandangan dan cara mempersepsikan kasih sayang sehingga menciptakan jarak dalam hubungan.

2) Perasaan rendah diri atau tidak dihargai oleh pasangan

Perselingkuhan juga bisa dimulai dari perasaan insecure pasangan. Lantaran merasa tidak berharga atau tidak dihargai, pasangan mungkin mencari orang lain yang dapat menghargai dan memberikan validasi.

3) Tidak bisa menetapkan batasan

Pasangan tidak dapat menetapkan batasan dalam berperilaku. Terlalu dekat dengan orang lain selain pasangannya dan tidak menolak perhatian yang diberikan orang lain walau tahu hal tersebut berlebihan dan tidak sepantasnya.

4) Trauma masa kecil

Kekerasan emosional, fisik, atau kekerasan seksual yang dialami saat kecil bisa terbawa hingga dewasa. Trauma-trauma ini membuatnya takut untuk berkomitmen hanya dengan satu pasangan sehingga ia memilih selingkuh untuk mengobati luka lama.

5) Keinginan untuk menyakiti pasangan

Bisa jadi seseorang berselingkuh karena ingin balas dendam pada pasangannya. Ingin melihat pasangan sakit hati sebagai balasan atas perasaan sakit yang diberikan sebelumnya. Merasa superior karena perasaan pasangan ada di genggaman tangannya.

6) Hilangnya perasaan cinta dan kurangnya perasaan komitmen

Terkadang sebuah hubungan bisa menjadi dingin seiring berjalannya waktu. Dengan redupnya perasaan cinta, seseorang mungkin menemukan kehangatan dengan orang yang baru.

7) Faktor luar

Faktor luar berupa tekanan dari mertua, pertentangan dari berbagai pihak, kondisi ekonomi, lingkungan sosial, dan jarak.

Seperti yang bisa dilihat di atas, alasan untuk berselingkuh itu sangat banyak, bukan? Selalu akan ada konflik dalam suatu hubungan. Pasti ada yang lebih rupawan dan lebih sukses dibanding pasangan sendiri. Sangat banyak godaan baik di luar sana maupun dari diri sendiri. Namun, seperti kata Andy Grammer dalam lagunya yang berjudul Honey, I’m Good.

Nah, nah, honey I’m good~ I could have another but I probably should not~”

Sudah pasti ada banyak hal di dunia ini yang bisa membuatmu tergoda, tapi jika sudah menemukan orang yang tepat, tidak ada lagi yang seindah dan setulus menepati janji dan komitmen bersama orang tersebut.

I’ve got to bit you adieu~ To another I will stay true~

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image