Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Komang Putri Indraswari

Kapan Harus ke Psikolog? Kenali Gejala-Gejala Berikut

Edukasi | Thursday, 01 Jun 2023, 13:42 WIB
Foto: Konsultasi ke Psikolog (Careersinpsychology.org)

Sering kali orang-orang mengabaikan kesehatan mentalnya dan menyangkal ketika sedang mengalami stress dan tekanan yang besar karena tidak ingin dianggap memiliki "mental yang lemah".

Ketika seseorang dianjurkan untuk ke psikolog, banyak dari mereka yang marah karena mereka merasa dianggap ”gila”. Namun, tahukah Anda bahwa ke psikolog bukan berarti Anda ”gila” atau memiliki ”mental lemah”, melainkan mencari profesional untuk merapikan benang kusut yang ada di pikiran Anda.

Dengan demikian, masalah yang mengganggu pikiran serta perasaan dapat diselesaikan dengan baik dan tidak mengganggu produktivitas sehari-hari.

Mungkin Anda sering bertanya-tanya ”Kapan aku harus ke psikolog?”. Berikut tanda-tanda bahwa Anda perlu konsultasi ke psikolog.

1. Masalah Mulai Mengganggu Produktivitas

Ketika masalah Anda mulai mengganggu fokus dan konsentrasi dalam menjalankan aktivitas hingga menurunkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari, dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami tekanan mental dan memerlukan bantuan.

2. Merasakan Sedih yang Berkepanjangan

Merasakan putus asa, cemas berlebih, kehilangan nafsu makan, dan sedih yang berkepanjangan hingga menarik diri dari lingkungan sosial merupakan gejala lain yang perlu diamati.

Apabila merasakan hal tersebut selama lebih dari dua minggu, maka segera konsultasikan diri Anda ke psikolog.

3. Mengalami Kejadian Traumatis

Gangguan psikologis dapat muncul sebagai akibat dari kejadian traumatis, seperti menjadi korban kekerasan, pemerkosaan, bencana alam, bullying, dan kejadian traumatis lainnya. Apabila stress dan tekanan akibat kejadian tersebut terus dipendam, maka lama-kelamaan akan mengganggu pikiran dan kondisi mental Anda.

Melakukan konsultasi ke psikolog dapat membantu anda dalam menghadapi dan berdamai dengan kejadian traumatis tersebut.

4. Tidak Lagi Menikmati Hal yang Anda Suka

Emosi negatif yang dirasakan dapat membuat seseorang tidak lagi menikmati hal atau aktivitas yang dulunya membuatnya senang dan bahagia. Bahkan, dapat membuatnya menolak ajakan hangout, tidak mau bertemu orang baru, dan menarik diri dari kehidupan sosial.

Semakin cepat Anda berkonsultasi ke psikolog, maka Anda akan semakin cepat mengetahui penyebab hal ini dan bagaimana cara menuntaskannya.

5. Orang Terdekat Mulai Jenuh dengan Keluhan Anda

Kita sering kali berkeluh kesah kepada orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, ataupun pacar ketika kita mengalami suatu masalah. Namun, apabila orang terdekat sudah mulai jenuh dan lelah terhadap cerita dan keluh kesah Anda, maka ini dapat menjadi tanda bahwa masalah yang Anda hadapi tak kunjung menemukan jalan keluar.

Jika demikian, segera hubungi psikolog agar Anda dapat mengetahui akar masalah dan masalah dapat segera diatasi.

Itulah beberapa tanda atau kondisi yang menunjukkan bahwa Anda butuh pergi ke psikolog. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi agar Anda dapat segera menerima penanganan yang tepat sehingga dapat mencegah memburuknya gejala.

Referensi

Psychology Today. Diakses 2023. 5 Signs It’s Time to Seek Therapy.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image