Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sintiya Sukma Yuspita

Mengapa Kita Harus Belajar Ilmu Ekonomi?

Sinau | Tuesday, 30 May 2023, 11:52 WIB

Sebagian besar dari kita, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ilmu ekonomi. Tidak jarang juga kita mendengar atau melihat berita-berita seputar ekonomi di televisi. Bahkan, ekonomi menjadi salah satu mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Atas, terutama pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tidak jarang juga perguruan tinggi memiliki jurusan ekonomi. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ilmu ekonomi sepeting itu untuk kita pelajari sampai-sampai terdapat banyak hal yang membahas bahkan berkaitan dengan ilmu tersebut? Nah, sebelum kita mengetahui dan mengulik alasan mengapa kita perlu belajar ilmu ekonomi, kita perlu tahu dulu nih, apasih ilmu ekonomi itu.

Istilah “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikonomia yang berarti aturan masyarakat sebagai hukum kodrat yang menetapkan rumah tangga yang baik. Oikonomia terdiri dari kata oikos dan nomos. Oikos artinya keluarga atau rumah tangga sedangkan, Nomos artinya adalah peraturan, aturan atau hukum. Jadi, ekonomi dalam arti sempit adalah aturan rumah tangga.

Terdapat pula pengertian ekonomi menurut para ahli, seperti Adam Smith dan Paul A. Samuelson. Menurut Adam Smith, ekonomi merupakan penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. (Jain dan Khanna, 2006). Sedangkan, menurut Paul A. Samuelson, ekonomi merupakan studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas. (Samuelson dan Nordhaus, 2009).

Setelah mengetahui apa itu ilmu ekonomi, kita juga harus tahu dulu nih, teori yang terdapat pada ilmu ekonomi. Di dalam ilmu ekonomi, terdapat teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro. Nah, apasih ekonomi makro dan ekonomi mikro itu? Mari kita bahas satu persatu!

Ekonomi makro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan, seperti kebijakan pemerintah, penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara, inflasi, pengangguran, dan neraca perdagangan. Sedangkan ekonomi mikro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individu, rumah tangga konsumen, dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

Nah, sekarang kita tidak hanya tahu apa itu ilmu ekonomi, tetapi sekarang kita sudah mengetahui teori pada ekonomi secara umum. Sekarang saatnya kita membahas pokok bahasan kita kali ini, yaitu mengapa kita harus belajar ilmu ekonomi atau mudahnya apasih manfaat dari ilmu ekonomi itu.

Pertama, kita akan membahas apasih manfaat ilmu ekonomi untuk tiap individu yang mempelajarinya. Setiap orang memiliki kebutuhan dan tujuan hidup yang beragam. Namun, apapun tujuan hidupnya, yang pasti setiap orang menginginkan mendapatkan pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya dan mengantarnya pada tujuan hidup tersebut. Semakin besar pendapatan seseorang, semakin besar pula kesempatan ia untuk memilih cara atau tujuan hidupnya. Namun, pendapatan yang besar apabila tidak dibekali dengan kemampuan mengatur pendapatannya, maka semuanya akan sia-sia. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari ilmu ekonomi agar kita tahu bagaimana cara mengatur pendapatan dan mendapatkan kepuasan yang kita inginkan dari mengonsumsi suatu produk.

Berikutnya adalah manfaat ilmu ekonomi bagi bisnis. Pada umumnya, tujuan seorang pengusaha membangun dan mengembangkan bisnisnya adalah untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengusaha harus mengetahui bentuk pasar apa yang ia hadapi, apakah ia harus mempertahankan harga produknya atau menaikkan atau bahkan menurunkan harga produknya, ia juga perlu mencari bahan baku dengan harga serendah mungkin, tetapi tetap dengan kualitas yang baik, dan masih banyak lagi yang perlu dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuannya tersebut. Hal-hal tersebut akan lebih mudah dilakukan oleh pengusaha yang telah mempelajari dan menguasai ilmu ekonomi, karena mereka sudah memiliki ilmu-ilmu untuk memecahkan setiap masalah atau memutuskan sesuatu dengan baik dan benar.

Dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah manfaat ilmu ekonomi untuk bangsa dan negara. Faktor-faktor ekonomi juga sangat berpengaruh pada kemampuan suatu negara untuk menangani masalah-masalah baik masalah dari dalam maupun dari luar negaranya. Oleh karena itu, ekonomi menjadi salah satu faktor yang penting di suatu negara. Apabila ekonomi di suatu negara terbilang cukup baik, maka suatu negara dapat tumbuh dan berkembang lebih besar. Sebaliknya, apabila perekonomian suatu negara kurang baik, maka hal ini dapat menyebabkan kemunduran bagi suatu negara tersebut. Untuk memajukan suatu negara, kita harus tahu bagaimana cara meningkatkan pendapatan negara, bagaimana caranya memajukan sektor ekonomi negara kita dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut akan terlaksana apabila pemerintah dan rakyatnya dapat bekerja sama membangun perekonomian negara dengan dibekali ilmu ekonomi.

Setelah mengetahui pentingnya ilmu ekonomi bagi individu, bisnis, dan negara, dapat disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat mempelajari ilmu ekonomi. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mempelajari ilmu ekonomi terlepas apakah kita pelajar, mahasiswa jurusan ekonomi atau bahkan pekerja di bidang ekonomi, kita semua tetap harus mempelajari ilmu ekonomi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image