Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shadiq Hassan Al Rasyiq

Pengaruh Sarana dan Prasarana di Objek Wisata

Wisata | Tuesday, 30 May 2023, 08:45 WIB
sumber : dokumen pribadi

Pariwisata merupakan sektor penting bagi pemasukkan Indonesia. Dimana pariwisata Indonesia memiliki daya Tarik yang cukup besar, sehingga destinasi pariwisata nya cukup banyak, sehingga banyak wisatawan yang tertarik ingin berkunjung.dan juga Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar yang terdiri dari banyak pulau di dalammnya. Yang di mana menyimpan kekayaan alam yang melimpah dan tentu menyimpan potensi pariwisata yang sangat beragam. Dengan objek wisata yang beraneka ragam, dan juga Indonesia juga terletak di jalur perdagangan dunia yang di mana Indonesia sebagai tempah singgah transit dan tidak hanya sekedar transit, tetapi sebagai tempat tujuan objek wisata di Indonesia. Oleh karena itu di samping destinasi objek wisata, tidak terlupakan hal yang paling penting yang ada di objek wisata yaitu sarana dan prasarana pariwisata guna mendukung objek wisata supaya banyak pengunjung yang datang ke objek wisata tersebut. Sarana dan prasarana merupakan hal yang paling penting yang komponen ini harus ada di setiap objek wisata di manapun itu, baik wisata religi, wisata alam, dan objek wisata yang lainnya. Dengan sarana dan prasarana yang memadai maka pengunjung yang berkunjung ke suatu objek wisata pasti akan terkesan dengan sarana dan prasarana yang di dapatkan di objek wisata yang mereka kunjungi, dan juga akan merasa puas Ketika mengunjunginya karena semua fasilitas nya ada. Berbeda dengan sebaliknya, apabila suatu pengunjung wisatawan berkunjung ke suatu objek wisata dan mendapatkan sarana maupun prasarana nya tidak ada ataupun tidak memadai, tentu membuat para pengunjung menjadi tidak betah dan otomatis merasa tidak puas dengan objek wisata yang dikunjunginya dan tentu pengunjung tersebut tidak mau Kembali lagi berkunjung ke tempat objek wisata tersebut. Dan tentu secara otomatis tempat wisata tersebut menjadi rugi serta tidak ada pemasukkan karena pengunjung wisatawan nya tidak ada yang berkunjung ke tempat objek wisata tersebut.

Apa itu sarana dan prasarana pariwisata? Sarana dan prasarana pariwisata merupakan unsur unsur yang harus ada di setiap objek wisata yang bertujuan supaya kegiatan pariwisata yang ada di suatu objek wisata berjalan denga apa yang di harapkan dan juga berjalan dengan lancar. Sarana dan prasaran yang baik dan yang harus ada di suatu objek wisata adalah :

Prasarana yang bisa di sebut fasilitas utama yang harus ada di objek wisata adalah seperti jalan raya menuju ke tempat objek wisata jembatan,instalasi air maupun listrik,sistem telekomunikasi yang baik, sistem keamanan yang baik dan aman di objek wisata serta prasarana Kesehatan dan bahan bakar.

Sedangkan sarana yang biasa memberikan pelayanan kepada wisatawan yang harus ada di objek wisata adalah seperti travel agen, tour operator, biro perjalanan pariwisata dan usaha perjalanan wisata yang lainnya.

Dengan adanya semua sarana dan prasarana tentu memberikan pengaruh yang positif ke tempat tempat objek wisata yang akan di kunjungi oleh pengunjung wisatawan tentu akan lebih Bahagia dan menikmati liburannya karena di objek wisata yang dia kunjungi sudah sesuai seperti apa yang di harapkan , yaitu sarana nya ada dan prasarana nya juga mendukung, serta secara tidak langsung memberikan pemasukan yang lebih ke tempat objek wisata yang di kunjungi wisatawan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image