Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Elyada Kharisma

Cegah Stres dengan Membaca, Emang Bisa?

Gaya Hidup | Tuesday, 30 May 2023, 08:22 WIB

Tentu saja bisa. Stres adalah salah satu masalah yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Biasanya, stres dialami oleh orang-orang yang sedang berada di bawah tekanan akibat keseharian yang semakin padat dan kompleks. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan stres, seperti tekanan dari lingkungan, sosial, dan masalah keuangan. Meskipun ada banyak cara untuk mengurangi stres, salah satu cara yang bahkan tidak terpikirkan adalah dengan membaca.

Membaca adalah kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Selain dapat menenangkan pikiran, membaca juga dapat memperluas wawasan dan meningkatkan pemahaman akan suatu hal. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa membaca dapat membantu mengurangi stres.

Mengapa membaca dapat membantu mengurangi stres? Salah satu alasan utamanya ialah karena membaca dapat membantu Anda melupakan masalah yang ada di pikiran Anda sementara waktu. Ketika Anda membaca, Anda bisa mengalami pemahaman baru, mengenal hal baru, bahkan mendapat cerita pengalaman baru. Hal ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang Anda hadapi, sehingga Anda dapat beristirahat dan merasa lebih santai.

Selain itu, membaca juga dapat membantu Anda mempelajari langkah-langkah untuk menghadapi stres. Dalam buku-buku self-help atau psikologi, Anda bisa menemukan tips and trik untuk mengurangi stres, menjaga kesehatan mental. Dengan membaca buku, Anda juga bisa mengembangkan kemampuan baru untuk menghadapi masalah dan merasa lebih percaya diri dalam mengatasi situasi stres.

Terakhir, membaca juga dapat membantu Anda untuk merasa lebih terhubung dengan keadaan di sekitar Anda. Banyak buku-buku fiksi atau non-fiksi yang menceritakan tentang isu-isu sosial, politik, atau lingkungan. Dengan membaca buku seperti ini, Anda bisa lebih memahami masalah-masalah penting yang ada di sekitar, dan Anda akan merasa bahwa Anda tidak sendiri dalam menghadapi permasalah tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengurangi stres dengan membaca, yaitu:

1.Pilih genre buku yang sesuai dengan minat Anda dan yang menarik bagi Anda.

2.Buat jadwal teratur untuk membaca setiap hari, misal 30 menit setelah bangun pagi, atau 30 menit sebelum tidur.

3.Carilah tempat yang tenang dan jauh dari distraksi, sehingga cukup nyaman untuk membaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image