Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Banyuasin

Luncurkan Aplikasi SIPASBA, Lapas Banyuasin Beri Kemudahan Layanan Masyarakat

Teknologi | Monday, 29 May 2023, 10:01 WIB
sumber : Humas Lapas Banyuasin

Di era digital saat ini, masyarakat diberikan kemudahan mengakses seluruh layanan yang ada di pemerintahan cukup melalui smartphone atau handphone yang dimiliki masing-masing.

Memanfaatkan hal tersebut, Lapas Kelas IIA Banyuasin memberikan kemudahan layanan dengan menciptakan aplikasi layanan terpadu untuk masyarakat yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Lapas Kelas IIA Banyuasin telah me-launching Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Lapas Banyuasin (SIPASBA). Aplikasi berbasis website ini dibuat untuk mempermudah layanan kepada masyarakat. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/05/2023).

Aplikasi SIPASBA ini adalah aplikasi berbasis website yang berisi fitur-fitur seluruh layanan yang ada di Lapas Banyuasin, di antaranya layanan kunjungan (tatap muka dan online), layanan titipan barang, cek titipan barang, layanan pengusulan integrasi online (PB, CB, CMB), layanan informasi, layanan pengaduan, dan survey IPK/IKM.

Ronaldo mengatakan, maksud dan tujuan dibuatnya aplikasi SIPASBA ini adalah untuk mewujudkan layanan terpadu yang memberi banyak kemudahan dan manfaat hanya dalam satu aplikasi.

“SIPASBA kita buat untuk mempermudah masyarakat mengakses seluruh layanan yang ada di Lapas Kelas IIA Banyuasin, apalagi sebagian besar keluarga warga binaan berdomisili jauh dari Lapas sehingga tidak memiliki waktu yang banyak untuk datang ke Lapas. Jadi untuk mendaftar kunjungan, titipan barang, pengusulan integrasi bahkan sampai mengecek titipan barang pun dapat dilakukan di rumah,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kasubag Tata Usaha Lapas Kelas IIA Banyuasin Muhammad Faikar, ia mengatakan aplikasi tersebut memberikan kemudahan layanan yang dapat dirasakan oleh masyarakat umum. Masyarakat umum akan disuguhi dengan berbagai macam kemudahan seperti dapat mendaftar kunjungan atau titipan barang cukup dari rumah sehingga tidak perlu antri di Lapas, lalu masyarakat yang telah menitip barang ke Lapas dapat mengecek apakah sudah diterima atau belum.

“di Aplikasi ini masyarakat dapat mendaftar kunjungan hanya dari rumah saja, lalu bisa juga mengecek progress titipannya sudah sampau mana. Hal ini juga wujud transparansi terhadap layanan Lapas Banyuasin,” ungkapnya.

Faikar menambahkan, kemudahan lainnya yang akan didapatkan adalah pengusulan Integrasi PB, CB dan CMB dapat juga diakses di aplikasi tersebut, sehingga tidak perlu datang ke Lapas.

“di aplikasi SIPASBA ini ada menu pengusulan integrasi online PB, CB, CMB. Selain itu masyarakat juga dapat mengecek nama warga binaan apakah sudah dapat diusulkan integrasi online apa belum,” jelasnya.

Aplikasi SIPASBA ini dapat diakses melalui laman https://sipasba.com/ . Melalui aplikasi ini, semua kemudahan layanan di Lapas Kelas IIA Banyuasin akan didapatkan hanya dalam satu genggaman saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image