Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sely Amanda Dharmawan

Efek Terbuka Kembalinya Ekonomi China Pasca Pandemi Covid Terhadap Perekonomian Dunia

Politik | Sunday, 28 May 2023, 22:31 WIB
Sumber : www.usfunds.com

Pembukaan kembali China akan menyebabkan efek riak perubahan di seluruh dunia, dengan dampak pada permintaan energi, inflasi, dan pertumbuhan global. Pemulihan ekonomi China diperkirakan akan mendorong sebagian besar pertumbuhan global pada tahun 2023. Perekonomian pulih kembali setelah hampir tiga tahun lockdown. Permintaan domestik kemungkinan besar akan mendorong pemulihan, meskipun tantangan dari penurunan pasar properti yang sedang berlangsung dan permintaan eksternal yang lemah membatasi kekuatan rebound.

Bertentangan dengan beberapa teori, pembukaan kembali China diperkirakan tidak akan secara dramatis menurunkan tekanan rantai pasokan global. Tekanan ini sudah mereda sebelum China membuka kembali karena pertumbuhan permintaan yang lebih lambat, terutama untuk barang. Selain itu, sektor jasa China menanggung beban kerusakan akibat pandemi penguncian selama tiga tahun terakhir.

Namun, pembukaan kembali China dapat memiliki efek inflasi yang signifikan pada pasar energi global. China adalah importir minyak yang besar, dan meskipun sebagian besar pemulihan dilakukan dalam aktivitas sektor jasa yang kurang intensif energi, diperkirakan akan ada peningkatan signifikan dalam permintaan minyak China pada tahun 2023.

Inflasi harga konsumen global mungkin 0,30 hingga 0,65 poin persentase lebih tinggi dari perkiraan saat ini karena pembukaan kembali China. Ini tergantung pada kekuatan pembukaan kembali China dan permintaan minyak selanjutnya. Pembukaan kembali China diperkirakan akan memperlambat lintasan disinflasi ekonomi global. Meningkatnya tekanan inflasi memperumit kebijakan moneter dan dapat meningkatkan risiko hard landing.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image