Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image BELLA AGNES MONICA

Peran Dukungan Sosial dalam Meningkatkan Kesehatan Mental pada Remaja

Eduaksi | Wednesday, 24 May 2023, 16:32 WIB

Remaja merupakan masa peralihan yang penuh dengan tantangan dan perubahan hidup, dimana pada masa inilah remaja sangat dituntut untuk menentukan kemana arah mereka selanjutnya apalagi setelah lulus dari sekolah menengah atas, yang selalu membuat remaja menjadi stres dan kurangnya tempat untuk bercerita karena mulai dari lingkungan sosial maupun lingkungan keluarga sendiri yang terkadang selalu membuat remaja kehilangan arah. Ketika remaja berada di bawah tekanan dari sekolah, dari perubahan fisik dan mental, remaja seringkali rentan terhadap masalah kesehatan mental.

Salah satu konsekuensi penting adalah peningkatan risiko bunuh diri di kalangan anak muda sekarang. Oleh karena itu peran dukungan sosial tidak boleh diabaikan, karena dukungan sosial yang memadai dan berkelanjutan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental remaja dan mengurangi bunuh diri.

Dalam artikel ini penulis menuliskan judul “Peran dukungan dukungan sosial dalam meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat bunuh diri pada remaja” untuk mengkaji lebih lanjut mengenai permasalah yang sering terjadi di kalangan remaja masa kini.

Dukungan sosial untuk meningkatkan kesehatan mental remaja sangat penting karena dukungan sosial adalah jaringan hubungan antara individu dan orang-orang di sekitarnya yang dapat memberikan bantuan emosional, praktis, dan dorongan positif. Dukungan sosial yang tepat memiliki dampak yang signifikan dalam kesehatan mental remaja.

Oleh karena itu dukungan sosial memberi kaum muda kesempatan untuk mengungkapkan perasaan mereka, mencari nasihat, dan merasa didengarkan. Ini membantu mengurangi stres dan kesepian, yang seringkali memicu masalah kesehatan mental. Selain itu, dukungan sosial membantu remaja

meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri mereka, meningkatkan ketahanan psikologis mereka, dan mengembangkan keterampilan sosial yang mereka butuhkan untuk berinteraksi secara sehat dengan orang lain. Sehingga dapat mengurangi tingkat bunuh diri di indonesia.

Dukungan sosial dijadikan sebagai faktor pelindung terhadap bunuh diri. Tingkat bunuh diri yang tinggi pada remaja merupakan perhatian serius dalam masyarakat saat ini. Namun, melalui dukungan sosial yang memadai sehingga dia tidak menganggap dirinya sendiri, oleh sebab itu resiko bunuh diri dapat dikurangi.

Remaja yang merasa didukung oleh keluarga, teman sebaya, dan komunitas memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengatasi tekanan dan tantangan hidup mereka. Mereka merasa memiliki jaringan pengaman emosional yang dapat membantu mereka melewati masa sulit dan menghadapi permasalahan dengan cara yang sehat. Dukungan sosial juga dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda bahaya dan memfasilitasi akses ke sumber bantuan profesional ketika diperlukan.

Untuk menciptakan dukungan sosial yang efektif, sangat diperlukan upaya dari berbagai pihak. seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan komunitas harus bekerja sama untuk memastikan remaja merasa didengar, diterima, dan terhubung secara emosional. Beberapa bentuk dukungan sosial yang dapat diberikan antara lain adalah mendengarkan dengan penuh perhatian, memberikan dorongan positifi, memberikan dukungan emosional dan praktis, serta mengedepankan komunikasi yang terbuka dan jujur serta tidak menghakimi.

Selain itu, membangun kesadaran tentang pentingnya dukungan sosial dalam masyarakat secara keseluruhan juga merupakan langkah penting. Serta dengan program-program pendidikan dan sosialisasi kesadaran terhadap kesehatan mental remaja dapat membantu mengubah persepsi dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya dukungan sosial dalam kesehatan mental remaja.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa peran dukungan sosial sangat penting untuk mengurangi tingkat bunuh diri pada remaja serta meningkatkan kesehatan mental pada remaja. Karena dengan adanya dukungan sosial ini bisa memudahkan remaja untuk mengatasi permasalah emosional maupun secara mental. Oleh karena itu, penting bagi keluarga, sekolah, teman sebaya, dan komunitas untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dengan cara melakukan sosialisasi kepada tiap remaja di desa dan kota. Dengan demikian, kita dapat membantu remaja meraih kesehatan mental yang optimal dan mengurangi risiko yang terkait dengan bunuh diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image