Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lukman Rauf

Branding UMKM

Bisnis | Wednesday, 24 May 2023, 14:46 WIB

Brand merupakan salah satu faktor terpenting dalam membangun bisnis di Indonesia sebagai usaha mikro, kecil dan menengah.

Pemasaran merek yang efektif dapat meningkatkan popularitas produk atau jasa bagi usaha mikro, kecil, dan menengah.

Pada kenyataannya, branding dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan murah.

Berikut laporan branding UMKM di Indonesia.

Apa pentingnya branding bagi usaha kecil di Indonesia?

Brand atau merek adalah nama sebuah bisnis.

Merek dapat membedakan produk atau layanan dari pesaing dan meningkatkan nilai bisnis.

Selain itu, branding juga dapat meningkatkan nilai suatu produk atau jasa dengan mempromosikan penjualannya.

Hal ini akan membedakan UMKM Indonesia dengan para pesaingnya dan dapat menarik perhatian mereka.

Era digital saat ini menuntut branding UMKM Indonesia sejalan dengan kemajuan teknologi.

UKM Indonesia harus memanfaatkan teknologi dalam mempromosikan merek mereka dan memperluas basis pasar mereka.

Dengan branding yang tepat, UKM Indonesia dapat meningkatkan daya tarik dan reputasi konsumennya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image