Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Tunggu, akan Ada 'Pesan Alien' yang Dikirim dari Mars

Info Terkini | Wednesday, 24 May 2023, 07:58 WIB
Akan ada pesan Alien dari Mars (Daily Mail/SSDarindo)

Bumi diatur untuk menerima pesan 'Alien' pertamanya dari Mars pada hari ini, Rabu (24/5), demikian kabar yang dikutip dari Daily Mail.

SETI Institute akan memancarkan sinyal 'bersandi' dari pesawat yang mengorbit Planet Merah ke tiga teleskop besar di planet kita. Idenya adalah untuk mempersiapkan para ilmuwan untuk 'pengalaman yang sangat transformasional untuk semua umat manusia ketika makhluk dunia lain benar-benar menghubungi kita, menurut para peneliti.

Tim menyimpan detail penting tentang aksi rahasia - termasuk jenis sinyal dan apa yang dikandungnya. Namun, sinyal radio membutuhkan waktu sekitar lima hingga 20 menit untuk mencapai Mars dari Bumi.

Tutup rapat karena transmisi yang disandikan akan dibagikan kepada publik, memungkinkan mereka untuk membantu decoding.

Pengorbit Mars Badan Antariksa Eropa akan mengirimkan pesan yang disandikan pada pukul 3 sore ET, dengan tanda terima di Bumi 16 menit kemudian - setelah menempuh jarak 180 juta mil melalui ruang angkasa.

Setelah transmisi, para ilmuwan akan memproses sinyal dan membuatnya tersedia untuk umum untuk decoding. Sinyal tersebut akan dikirim ke Bumi oleh ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) yang mempelajari atmosfer Mars sejak 2016.

Daniela dePaulis, seniman visioner di balik proyek A Sign in Space, mengatakan dalam sebuah pernyataan: 'Sepanjang sejarah, umat manusia telah mencari makna dalam fenomena yang kuat dan transformatif.

'Menerima pesan dari peradaban luar bumi akan menjadi pengalaman transformasi yang mendalam bagi seluruh umat manusia.

'A Sign in Space menawarkan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk secara nyata berlatih dan mempersiapkan skenario ini melalui kolaborasi global, mendorong pencarian makna tanpa batas di semua budaya dan disiplin ilmu.'

SETI Institute adalah organisasi nirlaba, multi-disiplin penelitian dan pendidikan yang misinya memimpin pencarian umat manusia untuk memahami asal-usul dan prevalensi kehidupan dan kecerdasan di Alam Semesta dan untuk berbagi pengetahuan itu dengan dunia. A Sign in Space juga akan menjadi proyek pertama yang melakukan prestasi seperti itu. Penelitian lain mengirimkan sinyal ke luar angkasa dan bukan sebaliknya.

Allen Telescope Array (ATA), Robert C. Byrd di Green Bank Observatory (GBT) di West Virginia dan Medicina Radio Astronomical Station di Italia utara akan bekerja sama untuk mengumpulkan sinyal dari Mars.

Setelah SETI menangkap sinyal 'Alien', tim akan menyimpan data yang diproses dengan aman bekerja sama dengan Open Data Archive dan Filecoin, jaringan penyimpanan terdesentralisasi. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image