Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rena agustina

Kemajuan Teknologi: Memudahkan Akses atau Bikin Kecanduan Teknologi

Teknologi | Monday, 22 May 2023, 19:46 WIB
Ilustrasi teknologi AR tanun 2023

Secara etimologi, teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Sementara secara umum, pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis dalam kehidupan manusia atau pada perubahan dan manipulasi lingkungan manusia.

Perkembangan teknologi adalah pengembangan atau penambahan alat-alat canggih yang memudahkan manusia untuk menggunakan teknologi.

Selain itu, perkembangan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, karena perkembangan teknologi mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk membawa manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Teknologi juga menawarkan banyak kemudahan dan cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Orang-orang juga menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi teknologi dalam dekade terakhir. Ini adalah ciri khas dari banyak produk berteknologi tinggi yang beredar di pasaran.

Penggunaan tenaga manusia yang jumlahnya terus berkurang seringkali menimbulkan pengangguran karena pekerjaannya tergantikan oleh alat atau mesin. Laporan BBC tahun 2019 mengatakan 20 juta pekerjaan manufaktur akan diambil alih oleh robot. Menurut analisis Oxford Economics, hal ini akan terjadi pada tahun 2030. Tahun Gen Z memasuki dunia kerja.

Meskipun teknologi dapat menggantikan tenaga manusia di beberapa daerah, teknologi tidak dapat menggantikan tenaga manusia di semua daerah. Teknologi dengan kecerdasan buatan hanya dapat bekerja sesuai dengan apa yang telah diprogram oleh manusia. Oleh karena itu, teknologi tidak dapat berpikir, terlepas dari apa yang kami ajarkan kepada mereka. Dengan kata lain, teknologi tidak bisa berpikir kreatif. Inilah salah satu alasan mengapa teknologi tidak bisa menggantikan semua pekerjaan manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image