Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image just me

Maraknya Konser Sebabkan Fenomena FOMO?

Gaya Hidup | Monday, 22 May 2023, 18:42 WIB

Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh seiring dengan perkembangan media sosial. hal tersebut menyebabkan adanya suatu ketergantungan terhadap media sosial. Tentu saja hal tersebut tidak selalu membawa dampak yang positif, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu bergantung pada media sosial dapat menyebabkan kecenderungan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang dapat menyebabkan timbulnya perasaan cemas pada penggunanya yang dapat menimbulkan fenomena Fear of Missing Out atau FoMO.

FoMO merupakan suatu perasaan khawatir atau takut bahwa suatu individu telah melewatkan sesuatu yang menyenangkan yang tengah dilakukan orang lain. Hal tersebut menyebabkan suatu individu harus melakukan sesuatu yang tengah popular seperti kebanyakan orang lainnya. Salah satu contohnya adalah fenomena yang kerap terjadi akhir akhir ini bagaimana banyak yang menjadikan menonton konser menjadi salah satu kewajiban. Setelah meredanya pandemi COVID-19 banyak artis baik dari dalam maupun luar negeri yang menyelenggarakan konser di Indonesia.

Banyak orang sangat antusias akan hal tersebut karena telah mengalami masa PPKM dan karantina yang mengharuskan mereka untuk berada di rumah yang tentu saja menyebabkan rasa jenuh bagi sebagian besar orang yang mengalaminya. Saat ini orang orang sangat sulit untuk terlepas dari media sosial sehingga banyak yang mengunggah momen momen keseruan mereka saat tengah menonton konser idolanya hingga tak jarang menjadi trending topic di media sosial.

Hal tersebut terkadang membuat orang orang yang menonton unggahan tersebut merasa harus melakukan keseruan yang sama. Mereka merasa harus merasakan keseruan yang sama. Hal ini terlihat dari beberapa fenomena yang terjadi akhir akhir ini dimana banyak orang yang rela melakukan segala hal untuk dapat menonton konser idolanya.

Seperti yang terlihat di media sosial dimana ada orang yang mengajukan pinjaman online hingga menjual barang barang yang dimilikinya hanya untuk menonton konser. Selain itu, tingginya antusiasme dari orang orang menyebabkan munculnya oknum oknum yang sengaja melakukan penipuan atau menjual tiket dengan harga yang tidak masuk akal.

Akhir akhir ini ramai istilah penonton FoMO yang merujuk pada orang orang yang menonton konser hanya untuk ikut ikutan dan untuk keperluan mengunggah di media sosial. Fenomena ini dapat terjadi ketika seseorang merasa tidak diterima ketika tidak melakukan sesuatu yang sedang menjadi tren atau ramai diperbincangkan.

Fenomena ini dampak positif dan negatif, dampak positifnya individu dapat termotivasi untuk bekerja keras sehingga dapat membeli tiket yang harganya tidak murah tersebut sedangkan dampak negatifnya adalah individu dapat melakukan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan ketika tidak dapat mengendalikan dirinya.

https://images.app.goo.gl/Aqxdb93jHTa8TfZR7

Oleh : Aina Cahyaning Santoso

Mahasiswa Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image