Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma Ilul Liona

Tim Indonesia Berhasil Menyabet Juara Umum Cabang Olahraga Pencak Silat di SEA Games 2023.

Olahraga | Monday, 22 May 2023, 12:25 WIB

https://images.app.goo.gl/Pq5SiDszz9yxgPtWA

Cabang Pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak di SEA Games 2023 Kamboja dengan raihan 9 medali emas, 6 perak, dan 1 perunggu yang bertotalkan 16 keping medali yang di bawa pulang Indonesia. Kebanggaan yang patut diapresiasi dengan merebut juara umum cabang olahraga pencak silat yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Pencak silat di Indonesia menunjukkan trend yang positif dan mampu menyatukan bangsa, mengingat di masa lalu pencak silat merupakan salah satu perjuangan fisik dalam melawan penjajah. hal ini dapat kita lihat dari kesuksesan para atlit pencak silat yang berhasil menyabet juara umum dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Keberhasilan ini merupakan buah dari proses panjang yang dijalani para pencak silat yang terlibat dan tak lepas dengan iringan moment-moment dramatis dan kontroversi terkait dugaan kecurangan yang dialami oleh pesilat Bayu Lesmana yang aramai menjadi perbincangan di media sosial lantaran tidak mendapat medali emas di SEA Games. pasalnya yaitu WO di final nomor U-45. terdapat dugaan bahwa pesilat Bayu ditekan untuk keluar dari nomor lomba itu agar atlet tuan rumah, Noon Sromoackhrom bisa menang medali emas tanpa bertanding.

kasus pesilat lain yang dialami oleh pesilat Indonesia Safira Dwi Meilani yang tanding dalam woomans class B melawan wakil Vietnam Hoang Hoong An. wasit menhentikan pertandingan pada babak ketiga, waktu kurang 18 detik berakhir, diamana posisi Safira jauh lebih unggul dengan nilai 61, lawannya 43. Safira diputuskan didiskualifikasi karena dianggap mengalami dislokasi bahu.

kecewa dengan keputusan wasit, pihak official indonesia menyampaikan protes kepada panitia dan akhirnya berhasil merebut kemenagan Safira atas medali emas di kelas tersebut setelah juri merima banding dari tim Indonesia.

Berikut nama-nama atlet tim pencak silat yang berhasil meraih medali SEA Games 2023 Kamboja.

9 Medali Emas

1. Tito Hendra Septa Kurnia (tanding putra kelas E)

2. Muhammad Zaki Zikrillah (tanding putra kelas B)

3. Iqbal Candra Pratama (tanding putra kelas F)

4. Jeni Elvis Kause (tanding putri kelas C)

5. Khoirudin Mustakim (tanding putra kelas A)

6. Atifa Fismawati (tanding putri kelas D)

7. Safira Dwi Meilani (tanding putri kelas B)

8. Puspa Arum Sari (seni tunggal putri)

9. Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Rano Slamet Nugraha (seni regu putra)

6 Medali Perak

1. Riska Hermawan & Ririn Rinasih (ganda putri)

2. Suci Wulandari (tanding putri kelas U-45 putri)

3. Bayu Lesmana (tanding kelas U-45 putra)

4. M. Yachser A (tanding kelas C)

5. Kadek Andre N P (tanding kelas D)

6. Nia Larasati (tanding kelas E)

1 Medali Perunggu

1. Ronaldo Neno (tanding kelas 1 putra)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image