Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yogi Al

Tenang yang Kamu Pikirkan tidak Seburuk Itu

Gaya Hidup | Saturday, 20 May 2023, 21:15 WIB

Judul buku : Seni Mengatasi Pikiran Berlebih

Penulis : Brian Adam

Tahun terbit : 2021

Tebal buku : 124 halaman

Penerbit : Bringt Publisher, Purwokerto Timur

Cetakan : 1, 2021

Pikiran berlebih adalah kecenderungan untuk memikirkan, mengevaluasi dan mencoba mengontrol semua jenis pikiran secara berlebihan. Berpikiran berlebihan merupakan kombinasi dari perasaan khawatir, pemikiran yang obsesif dan perenungan akan menghabiskan banyak waktu untuk memahami suatu peristiwa, mencari tahu sebab dan dampaknya bahkan hingga alasan mengapa pembaca memikirkan apa yang anda pikirkan sekarang.

Pembaca selalu terganggu oleh pikiran-pikiran yang menyedihkan dan tidak mampu keluar dari pikiran itu serta merasakan kesedihan yang konstan akibat ketidakmampuan tersebut. Pikiran berlebih merujuk pada kondisi saat memikirkan banyak hal dalam bentuk tema yang berbeda atau temna yang berkelanjutan pada waktu yang bersamaan. Sebab berada di dalam situasi negatif, maka sulit mengendalikan pikiran.

Pikiran berlebih adalah salah satu manifestasi perilaku dari kecemasan. Namun, kecemasan tidak selalu ditandai dengan pikiran berlebih. Ada banyak penyebap pikiran berlebih, misalnya pola didik orang tua ( keluarga ), gangguan pada sistem saraf pusat pengalaman yang traumatis, dan lain-lain. Anda terlalu banyak memikirkan hal-hal itu sehingga merasa takut.

Pikiran berlebih dapat berupa ruminasi, yakni kondisi ketika Anda berhubungan dengan ingatan terus-menerus pada masa lalu, dan khawatir berlebihan, jika kecasan itu berhubungan dengan masa depan. Di suatu sisi pikiran berlebih mungkin baik karena Anda bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Namun, disisi lain perilaku itu dapat merugikan.

Pembaca dapat mengalihkan fokus, perhatian, atau pikiran melalui aktivitas atau kegiatan lain, misalnya menggambar, melukis, memasak, atau mencoba resep masakan baru, berolahraga, dan sebagainya. Pembaca sebaiknya mencurahkan isi pikiran secara riil kepada diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti bicara kepada diri sendiri, bicara kepada orang lain, berdiskusi, menulis, dan konsultan.

Mindfulness adalah teknik yang memusatkan pikiran untuk hadir di sini dan saat ini, senhingga Anda menyadari dimana Anda berada dan apa yang Anda lakukan. Anda juga tidak akan terlalu reaktif terhadap peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dengan mindfulness Anda akan menyadari bahwa diri Anda tidak mungkin untuk mengulangi hari kemarin dan tidak perlu mengkhawatirkan hari esok ketika Anda hidup pada masa sekarang.

Mindfulness mengharuskan Anda sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan yang saat ini dilakukan. Cara ini memang membutuhkan latihan, tapi jika Anda berhasil melakukannya, maka Anda dapat mengurangi pikiran berlebih. Mulailah melakukan minfulness sebagai cara agar Anda tidak berpikir berlebihan, sadarlah dan fokuslah pada keberadaan saat ini. Memang tidak bisa terus dilakukan, tetapi hal itu sangat bisa membantu Anda.

Pikiran berlebih yang secara terus-menerus dapat mengakibatkan kesehatan mental yang membahayakan. Hal ini dapat mengganggu kinerja otak dan sistem hormon. Pikiran berlebih bisa muncul ketika seseorang mendapatkan tekanan secara bertubi-tubi. Tekanan dapat muncul dari mana saja, bisa jadi dari pekerjaan, asmara, dan keluarga. Dan juga kebiasaan memendam semuanya sendiri juga bisa membuat seseorang berpikir berlebih.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk bercerita kepada teman, orang tua, ataupun orang yang membuat anda merasa nyaman. Dengan bercerita, maka beban akan terasa ringan karena anda mendapatkan saran dari mereka. Sebaiknya mencurahkan isi pikiran secara riil kepada diri sendiri maupun orang lain.

Pembaca sebaiknya bersyukur dengan apa saja yang sudah didapatkan saat ini. Daripada fokus pada lekurangan, lebih baik Anda fokus untuk terus mengasah kemampuan demi kehidupan Anda kelak. Pikiran berlebih tidak akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah. Anda justru akan masuk ke dalam masalah yang lainya jika berpikir secara berlebihan.

Mengalahkan pikiran berlebih membutuhkan komitmen Anda, ada waktu yang tepat untuk mengenang masa lalu dan merencanakan masa depan. Bersikap tertutup hanya akan memperburuk kekhawatiran Anda. Ingatkan dan katakan kepada diri sendiri bahwa Anda harus tenang, sehingga semua akan baik” saja.

a. Kelebihan

Buku ini memiliki kelebihan kata yang mudah dimengerti sehingga memudahkan pembaca memahami isi buku, penjabaran setiap topik rapi, serta buku ini memberikan motivasi yang membangun semangat diri menjadi lebih baik serta menghindari pikiran berlebih.

b. Kekurangan

Kekurangan buku ini adalah tanda baca yang kurang tepat, sampul buku terlalu sederhana terlalu banyak kata atau kalimat yang di ulang, dan kalimat susah dimengerti

Oleh Yogi Alkhisom, Jurusan Managemen, Universitas Muhammadiyah Malang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image