Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihan Maulana

Perjalanan Hati

Sastra | Saturday, 20 May 2023, 19:51 WIB

Identitas Buku

Judul : Cinta Dalam Kardus

Pengarang : Raditya Dika

Jumlah Halaman : 191 Halaman

Ukuran Buku : 13 x 19 cm

Penerbit : PT. PlotPoin Publishing

Kategori : Fiksi Komedi

Tahun Terbit : 2013

Harga Novel : Rp.30.000,-

Novel cinta dalam kardus ini merupakan sebuah karya dari Raditya Dika dan di filmkan dengan judul yang sama. Novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2013 oleh PT. PlotPoin Publishing.

Novel ini mengisahkan Joni Lennon yang sudah tiga hari malas keluar kamar setelah diputusin pacarnya yang bernama Key. Papanya akhirnya eneg dan nyuruh dia magang di Film “Cinta dalam kardus”. Ternyata bikin film memiliki keajaiban tersendiri. Tapi saking ajaibnya film ini, selama magang Joni jadi ikut mikir kayak di Miko. Apa yang salah antara dia dan mantan-mantannya dan tentu dengan Key.

Buku ini adalah hasil catatan Rock n Roll galau, dodol di Joni Lennon selama magang. Dan beranjak ke mulai ke syuting filmnya ini mengisahkan Miko yang percaya bahwa cinta itu menuntut dan tidak pernah bisa menerima seseorang apa adanya. I love just the way you are itu justru tanda buat berpisah.

Dan seperti itulah yang ia alami dengan hubungannya bersama dengan Putri. Miko berencana untuk naik ke panggung stand up comedy dia ingin melakukan sesuatu yang bisa membuatnya segar. Ia bahkan di ragukan teman-temannya. Namun, sebelum berangkat Miko melihat kardus yang berisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantannya. Seharusnya kardus itu sudah di buang pembantunya.

Namun, sayang ia lupa memberitahukan Mas Anca di mana ia menyimpan kardus tersebut dan akhirnya Miko membawa kardus tersebut pergi bersamanya. Ia berencana membuang kardus itu nanti. Sesampainya di tempat cafe stand up comedy night Miko memberikan argumen bahwa Love is overrated. Untuk mendukung argumennya tersebut Miko akhirnya membawa kardus itu ke panggung.

Melalui barang barang itu mengingatkan Miko dengan mantan-mantannya dan cerita di baliknya. Miko ingin bicara fakta: cinta sudah di hitung lebih “Mahal” dari seharusnya!. Walaupun pada awalnya Caca dan Kipli selalu menangkis argumen Miko. Lama kelamaan Miko berhasil mengubah suasana cafe yang awalnya pink menjadi abu-abu ketika orang-orang mulai skeptis kepada cinta. Terbawa suasana Miko memutuskan Putri lewat twitter.

Kelebihan novel ini memiliki cerita menarik yang mungkin pernah juga di alami oleh kalian para remaja. Serta memiliki pesan moral yang baik. Sehingga bisa jadi naskah film juga

Selain kelebihan tentunya saya juga menemukan kekurangan yaitu. Cerita yang di sampaikan berbeda dengan filmnya. Dan ada beberapa singkatan yang mungkin akan sulit dimengerti bagi kalian yang kurang paham

Terakhir dari resensi novel cinta dalam kardus yaitu pesan moralnya adalah bahwa cinta bukanlah sekedar dua insan yang berubah lalu putus tapi cinta itu tentang bagaimana dua insan saling tumbuh bersama menjadi lebih baik.

——

Raihan Maulana, Mahasiswa Manajemen, Universitas Muhammadiyah Malang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image