Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yusniawati Sariwardana S.N

Fenomena Narkoba Pada Kalangan Artis

Eduaksi | Thursday, 18 May 2023, 00:23 WIB
Sumber Gambar : https://pidiejayakab.bnn.go.id/

Narkoba atau narkotika yang merupakan zat atau bahan-bahan terlarang berbahaya yang secara ilegal diedarkan pada banyak kalangan mulai dari remaja, masyarakat biasa, politisi, pejabat, dan juga yang paling marak sekarang adalah kalangan para artis sepeti musisi, penulis, aktor hingga aktris. Fenomena pengguna narkoba dari kalangan artis ini sudah menjadi kasus yang telah cukup lama terjadi dan berulang kali terjadi kembali di dunia industri hingga cukup meresahkan masyarakat. Begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba di kalangan para artis yang dapat kita lihat. Pasalnya para artis ini memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Mereka dianggap sebagai panutan dan teladan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, apabila seorang artis terjerat dalam penyalahgunaan narkoba, pengaruh yang dibawa mereka yakni berimbas merusak generasi muda dan citra industri hiburan secara keseluruhan.

Pada dasarnya penyalahgunaan narkoba dalam kalangan artis dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Tekanan dan ekspektasi yang tinggi dalam dunia industri hiburan seringkali menyebabkan efek stres yang berlebihan. Beban kerja yang begitu berat, jadwal yang sangat padat, dan tekanan dari publik untuk selalu tampil dengan sempurna ini dapat membuat para artis mencari cara untuk mengatasi tekanan tersebut. Sayangnya, beberapa artis memilih sarana yang salah untuk mengobati masalah pekerjaan tersebut dengan menggunakan narkoba sebagai pelarian. Selain itu, faktor lingkungan juga ikut berperan dalam penyalahgunaan narkoba dikalangan para artis, di dalam lingkungan yang salah, artis begitu rentan terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat dan dihadapkan pada banyak godaan untuk mencoba narkoba. Faktor lingkungan ini meliputi pergaulan bebas, teman sebaya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, dan sulitnya membedakan pergaulan yang sehat dan tidak sehat di antara mereka.

Meskipun jika dilihat efek dari narkoba ini yang sekilas membuat penggunanya ketagihan akibat efek yang ditimbulkan dari berbagai jenis narkoba, seperti ganja yang dapat memiliki efek relaksasi dan membantu membuat merasa lebih kreatif. Narkoba lain, seperti kokain, yang dapat memberikan ledakan energi dan perasaan euforia yang dapat membantu bekerja dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, jika dilihat lebih jelas lagi implikasi dari penyalahgunaan narkoba dikalangan para artis Indonesia sangatlah serius. Selain dampak yang merugikan bagi kesehatan individu perorangan, penyalahgunaan narkoba juga berdampak negatif pada karier artis pengguna narkoba tersebut. Dari sini bisa dilihat banyak artis yang terpaksa menghentikan karya mereka atau mengalami penurunan drastis dalam kariernya akibat masalah narkoba. Selain itu, penyalahgunaan narkoba juga dapat merusak citra mereka di mata masyarakat yang mengakibatkan ketidakpercayaan dan kekecewaan dari penggemar serta sponsor yang mendukung mereka. Sehingga untuk mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba dikalangan para artis perlu dilakukan tindakan-tindakan.

Apa saja tindakan yang perlu dilakukan tersebut, pertama perlu adanya upaya yang lebih besar dalam dunia pendidikan dan kesadaran tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan industri hiburan juga perlu bekerja sama untuk menyediakan program pendidikan yang efektif dan akses ke layanan rehabilitasi yang berkualitas. Selanjutnya, penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mendukung bagi para artis. Industri hiburan juga harus mengambil peran aktif dalam memastikan bahwa artis didukung secara emosional dan mendapatkan akses ke sumber yang membantu mereka dapat menghadapi tekanan dan tantangan yang datang dengan keadaan popularitas mereka. Program pembinaan dan pendampingan rehabilitasi dapat membantu para artis menghindari godaan penyalahgunaan narkoba dan memperoleh bimbingan yang tepat. Terakhir, penegakan hukum harus dilakukan dengan tegas terhadap para pelaku dan pengedar narkoba. Hukuman yang adil dan efektif akan memberikan efek jera dan menjadi peringatan bagi para artis dan masyarakat umum terkait konsekuensi serius yang akan dihadapi jika terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Dalam kesimpulannya, penyalahgunaan narkoba yang terjadi dikalangan artis Indonesia adalah masalah yang sangat serius yang membutuhkan perhatian dan tindakan segera. Penting untuk mulai mengenali potensi risiko yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan zat dapat menghambat pertumbuhan artistik, menyebabkan kecanduan, dan berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik mereka. Dengan mengatasi masalah ini, kita dapat memupuk berkembangnya kreativitas dan kesejahteraan para artis dengan melindungi mereka dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Sehingga, dalam rangka melindungi masa depan generasi muda kita dan menjaga citra industri hiburan yang positif, kerja sama antara pemerintah, industri hiburan, dan masyarakat sangatlah penting. Dengan pendidikan yang efektif, lingkungan yang sehat, dan penegakan hukum yang tegas, kita dapat berharap melihat penurunan penyalahgunaan narkoba dan menciptakan industri hiburan yang lebih baik di masa mendatang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image