Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Richarda Herwindo

AI System for Mining: Mengurangi Resiko Dalam Pertambangan

Teknologi | Sunday, 14 May 2023, 11:30 WIB
AI dalam berbagai bidang termasuk pertambangan

Pertambangan merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, karena gaji yang tinggi dan prospek kerja yang bagus . Tapi disamping karena adanya gaji yang tinggi dan prospek kerja yang bagus resiko yang harus dihadapi juga besar, karena lokasi pertambangan memiliki medan yang susah diprediksi. Seperti cuaca, bencana alam, kontaminasi udara, dan masih banyak lagi. Hampir semua permasalahan yang terjadi di area pertambangan dapat di minimalisir secara signifikan dengan adanya bantuan dari AI yang dapat mempermudah pengambilan data di area pertambangan.

AI ( Artificial Inteligence ) adalah teknologi kecerdasan buatan yang ditambahkan ke dalam suatu system seperti computer, drone, robot yang berguna untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan kecerdasan manusia. Dalam pertambangan, AI dapat diterapkan pada berbagai aspek seperti Kesehatan, produksi, keselamatan, dan pengumpulan data.

Dalam pertambangan terdapat banyak resiko akan terserang penyakit, terutama pada pernafasan sebab di area tambang para pekerja akan terpapar debu dan zat-zat berbahaya yang dihirup saat menambang. Dengan menggunakan AI Kesehatan para pekerja akan terjamin, karena AI akan mengumpulkan data pekerja dari medical check up dan area yang rawan akan penyakit karena udara dan gas yang berbahaya. Sehingga AI dapat memberikan keputusan untuk merujuk pekerja yang terkena penyakit secepatnya dengan data yang telah ada.

Karena resiko dipertambangan yang tinggi maka diperlukan system yang efisen dan efektif, untuk memproduksi dengan skala besar dan mengurangi resiko yang ada. AI ada untuk membantu hal tersebut, karena AI akan menghitung ratusan hingga ribuan kali untuk mengurangi kerugian dalam faktor waktu dan biaya karena kecelakaan, sehingga memberikan keputusan yang efektif dan efisien.

Keselamatan merupakan hal terpenting dalam pertambangan yang harus diberi perhatian khusus, karena sangat berpengaruh pada kerugian apabila terjadi kecelakaan. Dengan itu banyak terobosan baru yang menggunakan AI untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi. Salah satunya drone, dengan drone yang ditambahkan AI akan sangat berguna untuk memantau area tambang dari udara dan cepat untuk memberikan informasi apabila terjadi kecelakaan. Juga Robot yang ditambahkan dengan system AI dapat membantu penambang dalam menyusuri medan tambang yang berada dibawah tanah dan dapat menambang di area yang tinggi akan gas berbahaya.

Dengan banyaknya keuntungan menggunakan AI terdapat beberapa hal yang tidak bisa disepelekan dalam penggunaan teknologi AI. Biaya dan proses pemeliharaan AI yang sangat tinggi dan proses perbaikan yang cukup lama apabila terjadi kerusakan, lalu AI tidak dapat menggantikan pengalaman dan keahlian manusia dengan teknologi saat ini, tingginya potensi akan berkurangnya tenaga kerja manusia karena tergantikan oleh AI yang lebih praktis dan efisien.

Dapat disimpulkan, AI sangat membantu dalam pertambangan yang berfungi untuk mengumpulkan data-data di area pertambangan yang berguna untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga dapat meningkatkan efisien dan efektifitas produksi dan mengurangi resiko yang ada dipertambangan. Juga harus memperhatikan beberapa kekurangan terhadap system AI agar penggunaan AI menjadi lebih efisien dan efektif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image