Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wedaring Kingkin Filosofi

Mengatasi Insecure Pasca Pandemi Covid-19

Info Terkini | Friday, 12 May 2023, 20:02 WIB
Ilustrasi Insecure, Pinterest.com

Pasca pandemi covid-19, sebagian orang merasa insecure karena beberapa hal, seperti perubahan fisik, perubahan dalam rutinitas sehari-hari, atau isolasi sosial. Saat terjadi pandemi covid-19, banyak anak muda yang menghabiskan waktunya seharian penuh untuk bermain media sosial. Media sosial merupakan platform yang digunakan para penggunanya sehingga bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagai konten tanpa terbatas ruang dan waktu. Salah satu media sosial yang digunakan adalah instagram.

Bukannya menghibur, instagram justru membuat sebagian orang merasa insecure dan fomo terhadap pencapaian orang lain. Selain itu, dapat menyebabkan mental menjadi down dikarenakan mereka merasa rendah atas apa yang dimiliki oleh orang lain yang diunggah di laman instagramnya. Biasanya perasaan insecure ini muncul ketika melihat fisik atau pencapaian seseorang.

Kebanyakan anak muda jaman sekarang cenderung suka membandingkan hidup mereka dengan hidup orang lain. Insecure juga bisa muncul ketika seseorang memposting sesuatu di laman instagram pribadi kemudian salah satu temannya memberikan komentar yang bersifat menghina. Komentar tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk flaming alias berkomentar dengan sengaja karena telah menyinggung perasaan orang lain.

Akibat lain yang dapat ditimbulkan dari rasa insecure adalah seseorang bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Padahal manusia merupakan makhluk sosial yang tidak pernah lepas dari yang namanya bersosialisasi, karena interaksi dengan manusia lain merupakan hal penting dalam kehidupan sehari-hari.

Merasa insecure dalam diri itu sangat wajar tetapi ketika perasaan tersebut menjadi berlarut-larut maka hal ini akan menjadi masalah yang besar dalam kehidupan. Masalah yang akan ditimbulkan dari perasaan insecure yang berlarut-larut akan sangat merugikan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi insecure, yaitu mulai berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, selalu bersyukur, kelilingi diri dengan orang yang suportif, fokus mencintai dan menjadi diri sendiri. Membangun kembali percaya diri setelah pandemi covid-19 bukan sesuatu yang mudah serta memerlukan waktu dan upaya. Setiap orang memiliki perjalanan yang unik, dan penting untuk mengapresiasi setiap proses dan waktu yang telah dilalui.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image