Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pemuda Peduli

Kakak Peduli, Cara Pemuda Peduli ajak Generasi Muda Bantu sesama

Info Terkini | Thursday, 23 Dec 2021, 13:39 WIB
Anak-anak Desa Kp. Duku, Garut selatan saat berinteraksi dengan Volunteer Pemuda Peduli dalam rangkaian acara "Jejak Selatan" Social Traveling Pemuda Peduli (21/09/19).

Kegiatan sosial belakangan ini sedang marak dilakukan generasi muda. Adanya pandemi yang menyebabkan berbagai sektor lumpuh menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan sosial banyak dilakukan.

Generasi muda ditunjuk sebagai penggerak dari kegiatan sosial, bukan tanpa alasan. Kreatifitas dan juga minat eksplorasi yang tinggi menjadi latar belakangnya bahkan, Pemerintah sering sekali melakukan canangan serta ajakan untuk anak muda berperan aktif di ruang lingkup sosialnya. Sejatinya, ajakan kegiatan berbagi kepada sesama bukan hanya dilakukan oleh Pemerintah saja. Berbagai KOP juga ikut ambil perannya dalam mengajak serta melibatkan anak muda di dalam kegiatan sosial. Salah satunya, hadir dari Pemuda Peduli.

NGO yang berdiri legal sebagai sebuah Yayasan sejak tahun 2016 dengan latar belakang pendidikan ini, melalui program berjudul “Kakak Peduli” mencoba mengajak generasi muda berbagi dengan sesamanya. Program lanjutan dari “Kakak Asuh” ini berisikan gerakan donasi untuk Pendidikan bagi masyarakat sebagai penerima manfaatnya yang terbagi menjadi dua kategori yaitu Beasiswa Muda untuk anak-anak dan Pemberdayaan Dhuafa bagi masyarakat desa yang kurang mampu. Untuk donasi sendiri, rutin dilakukan perbulan sesuai dengan paket donasi pendidikan yang dipilih dengan durasi 3-6 bulan.

Adanya situasi bahwa ketidakmerataannya Pendidikan di Indonesia, Kualitas Pendidikan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta kualitas dan kuantitas dari tenaga pengajar tidak sebanding dengan jumlah peserta didik menjadi tiga alasan Program “Kakak Peduli” ini lahir.

Said Alwy, selaku CEO dari Pemuda Peduli berpendapat bahwa adanya “Kakak Peduli” diharapkan dapat membantu anak-anak desa berprestasi sebagai penerima manfaat.

“Semoga dengan adanya program ini dapat membantu beneficeries (mereka yang membutuhkan), ini juga bisa menjadi satu langkah untuk masyarakat saling menjaga dan membantu di pandemic yang sulit ini” Tutur Alwy, ia juga berpesan kepada generasi muda yang ingin berbagi bahwa ini merupakan waktu yang pas untuk menyisihkan rezeki kita untuk suatu kebemanfaatan.

“Adanya pandemi yang masih terjadi sampai hampir akhir tahun 2021 ini, saya mengajak teman-teman untuk berbagi karena memang ini saat yang pas banget untuk berbagi secara berkala. Bagi yang belum memiliki waktu dan tenaga, bisa banget dengan membagi sedikit rezeki yang didapat untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan tentunya” Pungkas Alwy saat ditemui di Kantor Yayasan Pemuda Peduli.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image