Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cindy Putri

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental untuk Kebaikan Diri Kita

Eduaksi | Tuesday, 09 May 2023, 21:41 WIB
Ilustrasi orang terkena gangguan kesehatan mental oleh The Atlantic

Mental, merupakan suatu keadaan & aktivitas yang berhubungan dengan jiwa, batin, maupun watak manusia. Raga yang baik menunjukkan jiwa yang sehat, manusia yang memiliki kesehatan jiwa dan raga patut untuk bersyukur, karena tidak semua manusia dianugerahi nikmat yang sama oleh tuhan. Maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan jiwa/ mental perlu ditanamkan sejak dini, karena jika seseorang telah terkena gangguan mental, maka akan berakibat fatal terhadap hidupannya.

Kesehatan mental, merupakan keadaan setiap individu yang sadar akan potensi diri yang dimiliki, dapat mengontrol emosi pada diri, dan selalu memiliki pemikiran yang positif sehingga mampu untuk bertingkah secara produktif.

Berbicara mengenai kesehatan mental tentunya tidak berpaling dari terjadinya gangguan mental. Pada saat ini terdapat banyak kasus mengenai gangguan mental yang terjadi di kalangan remaja, terlebih lagi mahasiswa. Kebanyakan dari mereka pikiran dan batinnya merasa tertekan, apalagi jika ada masalah dengan keluarga kemudian di tambah lagi dengan kehidupan perkuliahan yang keras, seperti tugas yang tiada hentinya, kemudian circle pertemanan yang tidak sehat, belum lagi jika remaja tersebut bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Akibatnya otak dan batin mereka sudah lelah dan tidak sanggup lagi untuk menampung pemikiran yang sehat dan jernih, sehingga menjadikan mereka melalukan hal yang tidak semestinya, seperti bunuh diri, mengonsumsi obat-obatan terlarang, dan hal negatif lainnya.

Sangat disayangkan jika pada usia remaja sudah terkena gangguan mental, padahal di usia tersebut otak sedang mampu-mampunya untuk menangkap segala stimulus dengan baik, yang kemudian akan di kelola lagi untuk mengendalikan seluruh sistem tubuh, sehingga tubuh akan berproduktif dengan lebih baik, namun jika sudah terkena gangguan mental maka sinyal dari otak ke tubuh akan menciptakan reaksi yang negatif sehingga tubuh akan menjadi tidak sehat.

Alangkah baiknya mulai sekarang kita dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan mental, serta faktor- faktor apa saja yang membuat kesehatan mental menjadi terganggu, dan dampak dari terjadinya gangguan mental, supaya kita dapat terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Apa yang menyebabkan manusia terkena gangguan mental?

Dari beberapa bukti yang telah dihasilkan oleh peneliti menunjukkan bahwa gangguan mental/ gangguan pada jiwa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor biologi, psikologis, dan sosial. Faktor biologi biasanya dipengaruhi oleh gen/ keturunan, masa dalam kandungan hingga persalinan, maupun pengalaman traumatis yang pernah dialami. Kemudian jika dari faktor psikologis disebabkan oleh konsep diri, interaksi terhadap orang lain, tingkat pengembangan emosional, hingga kreativitas yang dimiliki. Sedangkan dari faktor sosial biasanya disebabkan oleh kehidupan dalam keluarga, pola asuh orang tua, hingga adat/ budaya maupun kepercayaan yang dianutnya. Kegita faktor tersebutlah yang dapat menyebabkan mental maupun jiwa seseorang dapat terganggu.

Seberapa penting bagi diri kita untuk menjaga kesehatan mental?

Penting bagi diri kita untuk menjaga kesehatan mental, karena seperti yang kita ketahui bahwa tubuh yang sehat bersumber dari jiwa/ mental yang sehat, seperti halnya jika otak kita mampu untuk berpikir positif, maka secara otomatis tubuh kita juga akan melakukan aktivitas yang baik, karena otaklah yang menjadi pengendali seluruh sistem dalam tubuh kita.

Apa dampak dari terjadinya gangguan mental?

Sebenarnya banyak dampak yang dihasilkan oleh terjadinya gangguan pada jiwa ataupun mental, diantaranya, produktivitas kita akan merasa terganggu, sulit untuk berpikir secara jernih, merasa tidak pernah bahagia dalam menjalani hidup, mudah melakukan hal-hal negatif karena dorongan dari otak yang tertekan, dijauhi orang lain bahkan orang terdekat kita, dan terasingkan dalam kehidupan sosial.

Adakah solusi atau cara untuk menjaga kesehatan mental kita?

Dengan menerapkan hidup sehat seperti istirahat yang cukup, rutin berolahraga, senantiasa berpikiran positif, dan yang paling penting ialah menyayangi diri sendiri.

Beberapa solusi tersebut wajib untuk kita terapkan guna melindungi mental sehat kita, apalagi untuk usia remaja yang sangat rentan sekali terjadinya gangguan mental. Mari ciptakan kebaikan untuk melindungi diri kita di hari ini hingga nanti!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image