Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ailsa Santika Putri

BUKAN BERAKHIR! Status COVID-19 Bukan Menjadi Global Emergency Lagi. Begini Kata WHO!

Gaya Hidup | Monday, 08 May 2023, 17:42 WIB

World Health Organization (WHO), mengumumkan bahwa COVID-19 bukan lagi darurat kesehatan global pada Jumat kemarin. (5/5/2023)

Direktur Jenderal WHO, Tedros Ghebreyesus mengatakan bahwa, “Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya, agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima nasihat itu. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global.”

Banyak media yang mengartikan “Covid-19 berakhir”, hingga masyarakat salah paham padahal sebenarnya pernyataan itu salah.

Dr. Tedros melanjutkan pernyataannya, “Namun, bukan berarti Covid-19 sudah berakhir sebagai ancaman kesehatan global. Virus ini ada di sini untuk tinggal. Itu masih membunuh, dan masih berubah. Risiko tetap ada dalam munculnya varian baru yang menyebabkan lonjakan baru dalam kasus dan kematian.”

Dengan kata lain, keputusan untuk menurunkan tingkat kewaspadaan tidak berarti gelombang Covid-19 sudah berakhir, dan memperingatkan bahwa keadaan darurat bisa kapan saja terjadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image