Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Ternyata Begini Susunan Inti Planet Mars

Info Terkini | Friday, 05 May 2023, 00:28 WIB
Penampakan Planet Mars (Pixabay/WikiImages/SSDarindo)

Para peneliti astronomi belum lama ini mengonfirmasi susunan inti Mars menggunakan gelombang seismik yang melintasi planet tersebut. Berkat pendarat InSight NASA, dapat dipastikan bahwa Mars memiliki inti yang benar-benar cair yang sebagian besar terbuat dari paduan besi, dengan jumlah sulfur dan oksigen yang sangat tinggi.

Pada tahun 1906, para ilmuwan pertama kali menemukan inti Bumi dengan mengamati bagaimana gelombang seismik dari gempa bumi dipengaruhi oleh perjalanan melaluinya.

“Lebih dari seratus tahun kemudian, kami menerapkan pengetahuan kami tentang gelombang seismik ke Mars. Dengan InSight, kami akhirnya menemukan apa yang ada di pusat Mars dan apa yang membuat Mars sangat mirip namun berbeda dari Bumi,” ujar Vedran Lekic, ahli geologi dan salah satu penulis makalah yang merinci hasil ini, dalam siaran pers.

Untuk memastikan informasi ini, tim melacak akibat dari dua peristiwa yang benar-benar mengguncang dunia melalui Mars — satu adalah gempa mars (yang setara dengan gempa bumi di Mars) dan yang lainnya adalah kejutan dari dampak besar.

Gelombang seismik dari peristiwa ini bergerak dengan kecepatan yang berbeda tergantung pada apa yang mereka hantam di sepanjang jalan, sehingga gelombang yang melewati inti akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda dari gelombang yang melewati inti sama sekali.

Ketika para peneliti membandingkan gelombang yang melewati inti dengan gelombang yang hanya melewati mantel, mereka dapat membaca tanda yang dibawa oleh gelombang dan mengungkap susunan inti—membaca segala sesuatu dari keadaan materi dan seberapa padat. itu adalah, zat apa yang terdiri dari wilayah terdalam.

"Jumlah belerang dan oksigen yang sangat tinggi" tampaknya menjadi bintang dari pertunjukan inti-sentris ini. Rupanya, inti Mars hampir seperlima elemen lebih ringan seperti itu (berlawanan dengan elemen berat seperti besi), persentase yang jauh lebih tinggi daripada yang membentuk inti kita sendiri.

Dikutip dari Popular Mechanics, para peneliti sudah cukup yakin dengan hasil ini. Data dari InSight sebagian besar mengkonfirmasi apa yang telah dikatakan model inti Mars selama beberapa waktu, daripada menantang segala jenis hipotesis lama.

Tapi bukan berarti hasilnya tidak menarik. Mengonfirmasi model berarti kami benar, dan bahwa kami sekarang dapat bergerak maju dengan menyelidiki pertanyaan terkait inti Mars kami tanpa harus kembali ke papan gambar.

Banyak dari pertanyaan tersebut berputar di sekitar formasi, karena perbedaan antara inti Mars dan inti kita sendiri menunjukkan variasi substansial dalam cara kedua planet terbentuk.

Memahami proses pembentukan itu sangat penting bagi para ilmuwan yang ingin memahami mengapa Mars dan Bumi sangat berbeda, atau bagaimana sistem planet seperti Tata Surya kita terbentuk.

Ini adalah upaya besar, melibatkan teknik seismologi canggih yang telah diasah di Bumi, bersama dengan hasil baru dari fisikawan mineral dan wawasan dari anggota tim yang mensimulasikan bagaimana interior planet berubah dari waktu ke waktu.

"Tapi pekerjaan terbayar, dan kita sekarang tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi di dalam inti Mars," tandas Jessica Irving. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image