Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bimo Okta Syahputra

Mengenal Lebih Dekat Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Airlangga

Pendidikan dan Literasi | Monday, 01 May 2023, 15:59 WIB
Potret Fakultas Sains Dan Teknologi Sumber:https://envirofestival2017blog.wordpress.com/2017/05/26/profil-fakultas-sains-dan-teknologi/

Bagi kamu yang penasaran tentang apa itu Fakultas Sains Dan Teknologi,Sejarah,Apa saja Program Studi yang ada,Fasilitas,Prestasi dan hal lain yang berkaitan tentang Fakultas Sains dan Teknologi .Didalam kesempatan kali ini saya akan mengenalkan lebih dalam tentang fakultas Sains dan teknologi yang ada di Universitas Arilangga.

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST-UNAIR) adalah fakultas yang memiliki tujuan untuk menghasilkan peneliti dan ahli teknologi yang berkualitas serta berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.Faklutas ini juga termasuk fakultas Sains terbaik di Indonesia. FST-UNAIR memiliki fokus pada penelitian yang inovatif dan berdampak bagi masyarakat. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa FST-UNAIR meliputi pengembangan obat-obatan, pengolahan limbah, pengembangan energi alternatif, dan pengembangan teknologi informatika yang berkontribusi pada pelayanan kesehatan dan pendidikan.FST-UNAIR memiliki beberapa program studi yang berakreditasi Unggul antara lain Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, dan Sistem Informasi selain itu ada juga yang berakrediatasi A antara lain Program studi Statistika,Teknik Biomedis,Teknik Lingkungan ,Biologi jenjang S2,Kimia jenjang S2.

Setelah mengenal Beberapa tentang program studi yang ada di FST-Unair, Selanjutnya kita akan Mengenal tentang Sejarah FST-UNAIR. Proses lahirnya Fakultas Sains dan Teknolgi Universitas Airlangga diawali melalui pengembangan Lembaga Ilmu Dasar MIPA (Basic Natural Science/BNS) di Fakultas Kedokteran. Selanjutnya dari pengembangan lembaga ini, dengan didukung ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) serta peralatan yang memadai, pada tahun 1982 lahir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(F MIPA) Universitas Airlangga. Pendirian program studi di Fakultas MIPA Unair yakni prodi S-1 Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika.Dan Pada Tahun 2008 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA) berubah nama menjadi Fakultas Sain dan Teknologi (FST) seiring dengan adanya program studi baru yaitu S1 sistem informasi,S1 Teknik Biomedik,dan S1 ilmu dan teknolgi lingkungan dan S1 Statistika.

Fakultas Sains dan teknologi berada di dalam Kampus C Universitas Airlangga beralamatkan Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur. Gedung yang dipakai FST-UNAIR Gedung yang cukup tua karena masih berdiri dari dulu dan masih belum dilakukan renovasi yang cukup optimal.Bangunan dengan yang bertingkat 3 ini memliki kelas yang kurang cukup memadahi untuk dipakai mahasiswanya karena fakultas ini memiliki prodi paling banyak di Universitas Airlangga dan memiliki mahasiswa yang banyak juga ,maka dari itu mahasiswanya juga sering belajar tidak di gedung FST melainkan beberapa dipindahkan kelas digedung ACC untuk menempati kelas ataupun melakukan kegiatan praktikum didalam Gedung Fakultas Farmasi.

Meskipun Gedung Fakultas ini cukup tua tetapi Dalam bidang prestasi, FST-UNAIR telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Beberapa penghargaan yang pernah diraih antara lain Juara Umum pada kompetisi bidang fisika pada Indonesia Physics Olympiad, Juara 1 dan Juara 2 pada kompetisi bidang biologi pada National Biology Competition, dan Juara 1 pada kompetisi bidang kimia pada National Chemistry Olympiad.Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, FST-UNAIR juga memiliki kerjasama dengan berbagai universitas dan lembaga di Indonesia maupun luar negeri. Kerjasama ini mencakup pertukaran dosen dan mahasiswa, pelaksanaan penelitian bersama, serta pengembangan kurikulum yang terkini.

Secara keseluruhan, FST-UNAIR merupakan fakultas yang memiliki komitmen untuk mengembangkan sains dan teknologi yang berkontribusi bagi masyarakat. Dengan fasilitas dan program studi yang lengkap serta prestasi yang telah diraih, Fakultas ini menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang berminat dalam bidang sains dan teknologi.

Ditulis Oleh: Bimo Okta Syahputra

Fakultas Sains Dan Teknologi,Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image