Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Dukungan dari Presiden hingga Publik untuk Erick Thohir Dorong Transparansi Sepak Bola Indonesia

Olahraga | Monday, 01 May 2023, 09:13 WIB
Foto: bisnis.com

Satu per satu upaya Erick Thohir untuk melakukan upaya bersih-bersih (yakni membenahi tata kelola) sepak bola Indonesia semakin menemukan titik terang. Ia telah membentuk rencana yang matang dan output terbaru dari kegigihan ikhtiar itu adalah lahirnya dua Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuknya.

Dua Satgas ini wujud nyata kepekaan Erick Thohir untuk merespon persoalan tata kelola PSSI terutama menyangkut hal-hal paling vital persoalan tata kelola keuangan yang selama ini masih menjadi persoalan. Sehingga PR besar ini akan segera tertangani dengan baik lewat hadirnya dua satgas ini. Lebih dari itu, harapan publik sepak bola Indonesia akan segera terwujud.

Dukungan dari Presiden Jokowi.

Keinginan untuk membenahi tata kelola sepak bola Indonesia dari internal induk organisasi PSSI dan seluruh sepak bola Indonesia mendapatkan dukungan yang luas. Pertama, dari Presiden Jokowi. Orang nomor satu di RI ini memang memberikan dukungan totalitas kepada Erick Thohir untuk membenahi secara keseluruhan sepak bola Indonesia. Jokowi memiliki kepercayaan (trust) yang besar bahwa Erick Thohir merupakan sosok yang bisa diandalkan, pengalaman dan pengetahuan manajerial dan tata kelola di sepak bola sudah terbukti.

Bukti tingginya kepercayaan Presiden Jokowi kepada Erick Thohir terlihat dari sekian banyak tugas-tugas penting dan strategis terutama di sepak bola yang diberikan oleh Jokowi kepada Erick. Mulai dari urusan melobi FIFA terkait potensi sanksi saat peristiwa Kanjuruhan, hingga masalah-masalah lainnya yang ada pada sepak bola Indonesia.

Kepercayaan yang terbaru dari Presiden Jokowi ke Erick Thohir, yakni menyangkut tata kelola sepak bola supaya lebih transparan dan akuntabel, juga merupakan wujud nyata dari kepercayaan besar Jokowi. Ini juga merupakan respon Jokowi bahwa ia tak ingin sepak bola Indonesia sekedar dibenahi setengah-setengah, tapi harus penuh totalitas.

Dukungan dari Publik

Tak kalah penting adalah besarnya kepercayaan yang diberikan oleh publik sepak bola Indonesia kepada Erick Thohir. Dukungan itu terwujudkan dalam banyak hal. Tapi poinnya, publik berharap besar bahwa Erick Thohir dapat memutus rantai warisan PSSI lama yang kurang memiliki kepekaan dalam upaya perbaikan transparansi tata kelola di sepak bola Indonesia.

Hadirnya Erick Thohir di gelanggang sepak bola Indonesia terutama dengan masuknya di induk organisasi PSSI, salah satunya tak lain sebagai upaya untuk memenuhi harapan publik demi hadirnya tata kelola PSSI yang lebih baik. Makanya sejak awal, apa yang ditegaskan oleh Erick Thohir adalah bukan sekedar pembenahan SDM sepak bola Indonesia, dalam artian bagaimana mendorong kualitas sepak bola kita. Tapi lebih fundamental dari itu adalah bagaimana Erick Thohir dapat membenahi persoalan internal PSSI. Sehingga sedemikian banyak PR yang ada di induk organisasi itu, maka sebanyak itulah yang harus dibenahi.

Mengapa? Ini berangkat dari satu kesadaran strategis dan penting bahwa sepak bola Indonesia tidak akan mungkin maju apabila induk organisasinya tidak menunjukkan kontribusi yang signifikan untuk mendorong kemajuan sepak bola Indonesia. Sebab itu, elemen vital untuk membenahi sepak bola Indonesia adalah dimulai dengan membenahi totalitas internal PSSI menyangkut tata kelola yang selama ini sudah dijalankan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image