Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sitatur Rohmah

Bijak Kelola Uang THR Lebaran, Jangan Sampai Salah Membelanjakan Kemudian Kecewa

Gaya Hidup | Sunday, 16 Apr 2023, 08:56 WIB

Bijak kelola uang THR lebaran mungkin seperti ungkapan yang kurang penting, lalu kita abaikan saja. Toh ini uang lebih yang nggak tiap bulan kita dapatkan. Artinya THR bukan uang pokok yang memiliki aturan dalam pemakaian. Apa betul demikian?

Stop, jika Anda berpendapat demikian, mari kita luruskan dulu. Maaf, bukan berarti itu pendapat yang salah, ya. Hanya ada yang perlu didudukkan dulu posisi uang THR ini pada tempat semestinya, sebelum membelanjakannya.

Bijak Kelola Uang THR Lebaran Agar Kita Dapat Manfaatnya, Bukan Habis Sia-sia

Foto : syameersrk/ Pixabay

Sekarang mari kita renungkan, bukankah setiap uang yang diberikan pada kita akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak? Entah itu uang gaji, uang hadiah, uang pemberian, dan lain-lain termasuk uang THR. Lalu apakah tidak boleh menggunakan uang THR untuk bersenang-senang, seperti belanja atau beli makanan pesan antar? Tentu saja boleh, apa yang sudah menjadi hak kita tentu boleh kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita.

Untuk yang sudah bekerja, uang tahunan ini menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, jumlahnya tidak sama, tergantung kemampuan kantor masing-masing. Yang sama adalah bahwa nilai uang THR termasuk besar, paling tidak setara dengan uang bulanan yang kita terima. Artinya, ini uang besar yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan besar pula. Semisal perabot rumah penting yang kita belum punya, beli paket Internet cepat untuk menunjang pekerjaan kita, atau beli perhiasan emas juga bisa.

Begini Cara Bijak Kelola Uang THR Lebaran

Sebenarnya ini sekadar saran, karena bagaimanapun semua keputusan ada di tangan kita masing-masing. Yang jelas, untuk uang masuk dalam jumlah besar, sebaiknya digunakan untuk kebutuhan yang besar pula. Masing-masing punya prioritas sendiri-sendiri tentang apa yang ingin dibeli atau pos-pos apa yang harus dipenuhi segera.

Nah, ini cara bijak kelola uang thr lebaran versi saya, bisa dijadikan referensi atau diikuti, hehe.

 

  • Utamakan untuk Bayar Utang

Memang sih, untuk cicilan utang kita sudah punya pos khusu dari gaji bulanan, asal kita tertib utang akan habis atau lunas sesuai jadwal yang kita tentukan.

Tetapi bersegera melunasi utang adalah sebuah keutamaan, apalagi jika kita memiliki uang untuk membayarnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Demi yang jiwaku ada ditanganNya, seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya hutang, maka dia tidak akan masuk surga sampai hutangnya itu dilunasi.”( HR. Ahmad, An Nasa’i, dan Ath Thabrani)

Dari hadits tersebut kita bisa tahu sepenting apa menyegerakan membayar utang itu. Nah, dari THR yang kita terima wajibkan diri menggunakan sebagian untuk membayar utang. Tunggakan-tunggakan yang belum terbayar bulan ini, segerakan untuk dibayar, mumpung ada uang lebih dari THR itu. Coba cek, apakah tagihan listrik sudah terbayar, apakah invoice langganan Internet cepat dari internet provider sudah dibayar, atau cicilan-cicilan lain yang tentu ada dalam catatan penting kita

 

  • Sisihkan untuk Tabungan

Hal kedua yang bisa kita beri jatah dari uang THR adalah tabungan. Ini juga wajib kita sisihkan, dan berusaha tertib untuk urusan ini. Tabungan kelak akan kita gunakan pada saat-saat genting atau saat tak terduga. Tabungan akan menjadi penyelamat kita saat di dompet betul-betul tak ada dana, sementara kebutuhan tidak bisa ditunda. Besaran uang THR yang harus disisihkan untuk tabungan terserah kita, bisa 20 persen, sepertiga, atau berapa yang kita niatkan untuk jadi uang tabungan.

 

  • Belanjakan untuk Kebutuhan Lebaran

Namanya juga uang Tabungan Hari Raya, artinya uang itu memang diperuntukkan bagi kebutuhan berlebaran. Yang perlu kita ingat adalah yang kita penuhi adalah kebutuhan pokok hari raya. Seperti apa saja kebutuhan pokok hari raya? Zakat fitrah, makanan khusus untuk hidangan lebaran, mukena atau baju baru untuk anak-anak, termasuk biaya mudik jika kita berlebaran di kampung halaman.

 

  • Belanja Suka-suka Jika masih ada Sisa

Ya, kita bisa gunakan untuk membeli kebutuhan lain jika masih ada sisa setelah tiga pos sebelumnya terpenuhi. Bisa kita gunakan pos keempat ini untuk semacam selebrasi atau self reward atas hasil kerja keras kita selama ini. Mau beli tas kece yang wara-wiri dalam benak minggu-minggu ini? Ayuk aja, gass! Mau menikmati drakor yang tertunda karena sebelumnya terlalu sibuk bekerja, kita bisa membeli paket Internet cepat dan memanfaatkan prime time kita untuk menonton. Internet cepat akan membuat kita makin seru menonton tanpa jeda atau nge-lag. Kalau mau lebih leluasa menikmati aneka tontonan sambil bersantai bersama keluarga di libur hari raya Idulfitri yang lumayan lama, bisa memanfaatkan TV interaktif dari IndiHome. Ini jadi satu dengan paket layanan Internet cepat dari Telkom Indonesia.

Selamat Menikmati Waktu Bersama dengan Keluarga di Hari Raya

Nah, ini yang mungkin jadi sesuatu yang paling berharga bagi keluarga Indonesia, quality time bersama keluarga tercinta. Libur lebaran yang lumayan lama bisa kita manfaatkan untuk membangun kedekatan antar anggota keluarga. Tips dari saya tentang cara bijak kelola uang THR lebaran sekadar saran, boleh digunakan boleh juga jadi pengetahuan, semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image