Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vita Nanda

Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT (Canva, Liveworksheet, dan Google Form)

Guru Menulis | Monday, 10 Apr 2023, 11:45 WIB

Media pembelajaran menjadi salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam kegiatanbelajar mengajar. Media pembelajaran berbasis IT adalah media yang digunakan dalam prosespembelajaran dengan melibatkan penggunaan IT (Information Technology). Saya sebagai gurukerap kali menemui jalan buntu ketika ingin membuat siswa lebih bersemangat dan antusiasdalam belajar. Tidak dapat kita pungkiri bahwa banyak siswa yang lebih tertarik memainkangawai atau gadget nya di bandingkan dengan membuka buku pelajaran. Berdasarkan haltersebut, untuk membangun suasana belajar yang menyenangkan dan membuat siswabersemangat dapat di siasati dengan penggunaan media pembelajaran yang dapatmemanfaatkan gadget yang mereka miliki.

Belakangan ini sudah banyak sekali situs atau platform media pembelajaran yangmemanfaatkan teknologi informasi dalam penggunaannya. Berikut beberapa mediapembelajaran berbasis IT yang dapat digunakan meliputi Canva, Liveworksheet dan GoggleForm. Penggunaan ketiga media pembelajaran tersebut dapat saling melengkapi karenamasing-masing memiliki manfaat yang berbeda, Canva dapat dimanfaatkan sebagai mediauntuk menyampaikan materi pembelajaran, Liveworksheet dapat digunakan sebagai mediauntuk melakukan evaluasi pembelajaran sedangkan Google Form dapat digunakan sebagaimedia untuk melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Padamata pelajaran IPA terkadang kita membutuhkan media yang dapat membuat konsep yangabstrak menjadi lebih real. Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online, kita dapatmemanfaatkan Canva untuk menyampaikan materi baik melalui slide presentasi yang berisiteks, gambar atau video sehingga terlihat lebih menarik dan tidak monoton.

Kegiatan evaluasi pembelajaran yang biasanyadilakukan hanya dengan mengerjakan soal ataubersifat text book, di era digitalisasi ini kita dapatmelakukan inovasi dengan memanfaatkanplatform media pembelajaran yaituLiveworksheet untuk membuat E-LKPD (LembarKerja Peserta Didik Elektronik). Liveworksheetadalah salah satu platform yang dapat membantuguru dalam membuat e-worksheet atau lembar kegiatan peserta didik yang sering dikenaldengan istilah LKPD. Liveworksheet dapat di akses dengan mudah oleh siswa melalui gawai atauhandphone masing-masing siswa, sehingga selain membangun suasana belajar yang baru dandapat menarik perhatian siswa hal tersebut juga dapat membuat siswa memanfaatkan gawainya dalam hal yang positif khusus nya digunakan dalam kegiatan belajar. Setiap pertemuanguru diharapkan melakukan umpan balik atau refleksi pembelajaran agar dapat digunakansebagai alat evaluasi baik bagi guru dan siswa untuk menentukan tindak lanjut yang akandilakukan pada proses pembelajaran selanjutnya. Kegiatan refleksi dapat dilakukan denganberbagai cara, salah satu nya adalah dengan memanfaatkan google form sebagai media siswamenyampaikan apa yang ia rasakan dan pelajari pada kegiatan pembelajaran yang telahdilakukan.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalampenggunaan media pembelajaran dapat membuat siswa lebih bersemangat dan antusias dalammengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman barubagi siswa dan memotivasi guru untuk terus belajar memanfaatkan teknologi dalam kegiatanbelajar dan mengajar.

Penulis : Cipta Restu Aruni, S.Pd. (SMP Negeri 1 Andong)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image