Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faadhillah Syhab Azzahra

Surat Syukur Anak Kos Surabaya: Berkah Ramadhan dan Sukacita

Agama | Thursday, 06 Apr 2023, 11:15 WIB
Masjid Agung Al Akbar Surabaya (rumah.com)

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan," ujar Habib Husein Ja'far Al Hadar, seorang ulama terkenal yang banyak memberikan tausiah tentang arti pentingnya menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini.

Bagi anak kos, momen Ramadhan juga menjadi waktu yang spesial. Waktu untuk mengumpulkan pahala, merenung dan memperbaiki diri serta mempererat tali silaturahim dengan teman-teman sekos. Di Surabaya, kota metropolitan di Jawa Timur, banyak anak kos merasakan Berkah Ramadhan 100% yang hadir di mana-mana selama bulan puasa.

Shafa (21), salah satu anak kos di Surabaya, merasa sangat senang dengan rutinitas barunya selama bulan Ramadhan. Setelah kuliah padat sepanjang hari, ia langsung menuju masjid untuk mempersiapkan buka puasa bersama sahabatnya. Saat tiba di masjid, ia disambut dengan sapaan hangat dari para ibu panitia yang memberikan takjil gratis sebagai hidangan pembuka. "Rasanya seperti di rumah sendiri, di mana ibu selalu bahagia menemani anaknya di waktu berbuka," terangnya.

Di sisi lain, ada juga anak-anak panti asuhan yang menggemaskan dan berbusana muslim, sudah menunggu dengan rapi untuk berbuka puasa bersama. Ini adalah momen yang sangat membahagiakan bagi Shafa dan teman-temannya. Mereka merasa bahwa setiap orang, tanpa kecuali, bisa merasakan Berkah Ramadhan 100%.

Selain itu, di Surabaya banyak sekali kegiatan keagamaan dan sosial yang dapat diikuti selama bulan Ramadhan. Mulai dari kajian-kajian Islam, tarawih berjamaah hingga berbuka puasa bersama di masjid. Semua itu bisa diikuti secara gratis, sehingga para anak kos tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang besar untuk menikmati suasana Ramadhan di Surabaya.

Bulan Ramadhan juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki diri. Dalam suasana yang penuh keberkahan ini, kita bisa melakukan introspeksi diri dan memperbaiki kekurangan yang ada. Kita juga bisa memberikan sedekah dan berbuat baik kepada orang lain serta lingkungan sekitar.

Bagi para anak kos yang tinggal jauh dari keluarga, momen Ramadhan juga bisa dijadikan waktu untuk mempererat tali silaturahim dengan sesama anak kos. Kita bisa mengajak mereka untuk berbuka puasa bersama atau saling memberikan sedekah.

Dalam suasana Berkah Ramadhan 100% ini, kita diajarkan untuk selalu berbuat baik kepada sesama, berbagi kebahagiaan dan keberkahan. Semoga momen Ramadhan ini dapat menjadi waktu yang penuh keberkahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image